MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH (IAIM) BIMA, NTB (Studi Implementasi Good University Governance)

Sitti Fatimah Azzahra, NIM: 1520410036 (2017) MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH (IAIM) BIMA, NTB (Studi Implementasi Good University Governance). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH (IAIM) BIMA, NTB (Studi Implementasi Good University Governance))
1520410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH (IAIM) BIMA, NTB (Studi Implementasi Good University Governance))
1520410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sitti Fatimah Azzahra, Manajemen Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan mutu Pendidikan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Bima, NTB (studi implementasi good university governance) Penguasaan tata kelola kepemimpinan yang baik dalam sebuah organisasi/lembaga perguruan tinggi merupakan ujung tombak dalam menentukan kualitas/mutu pendidikan dengan tugas utama metrasformasikan, megembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, tekhnologi dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan tugas-tugas tersebut pimpinan perguruan tinggi mempunyai peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi. Sehingga peningkatan mutu pendidikan tinggi seharusnya mejadi pusat perhatian khusus dalam proses pengembangan pendidikan dalam perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kritis tentang manajemen perguruan tinggi, mutu pendidikan tinggi serta penguasaan pengelolaan perguruan tinggi (good univeritu governance) di Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima dalam rangka mencari jawaban permasalahan mengenai: (1) Bagaimana deskripsi manajemen perguruan tinggi Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. (2) Bagaimana upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi. (3) Apa saja prinsip-prinsip Good University Governance untuk meningktkan mutu pendidikan. (4) Apa saja hambatan dan tantangan manajemen perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian di Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi dan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen perguruan tinggi dalam penguasaan tata kelola lembaga merujuk pada fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan serta prinsip dari good university governance yang meliputi: (1) transparansi, (2) akuntabilitas, (3) responbilitas, (4) indenpendensi dan (5) keadilan. Secara umum implementasi penguasaan tata kelola perguruan tinggi telah terlaksana sesuai dengan aturanaturan yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi. keberhasilan-keberhasilan yang telah dicapai IAIM Bima dalam upaya-upaya pengembangan mutu serta prinsip-prinsip pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi ialah: (1) Pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. (2) Terciptanya manajemen yang cukup baik dan efektif. (3) Peningkatan kompetensi dosen. (4) Peningkatan kualitas pembelajaran. (5) Peningkatan atmosfir akademik. (6) Perwujudan tujuan akademik. Adapun faktor penghambat Insititut Agama Islam Muhammadiyah Bima dalam impelementasi tersebut ialah hambatan internal dan external

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perguruan Tinggi, Mutu Pendidikan Tinggi, Good University Governance
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:11
Last Modified: 14 Nov 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum