ANALISIS PENGARUHPEMBELAJARAN TEKS ARAB BERBASIS TERJEMAH ARAB PEGON PADA PENGUASAAN MUFRODATDAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB SISWI MTs KELAS MUMTAZ AWWAL DI MTS PONDOKTREMAS PACITAN JAWA TIMUR

Apriani Novitasari, NIM:1520410050 (2017) ANALISIS PENGARUHPEMBELAJARAN TEKS ARAB BERBASIS TERJEMAH ARAB PEGON PADA PENGUASAAN MUFRODATDAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB SISWI MTs KELAS MUMTAZ AWWAL DI MTS PONDOKTREMAS PACITAN JAWA TIMUR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUHPEMBELAJARAN TEKS ARAB BERBASIS TERJEMAH ARAB PEGON PADA PENGUASAAN MUFRODATDAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB SISWI MTs KELAS MUMTAZ AWWAL DI MTS PONDOKTREMAS PACITAN JAWA TIMUR)
1520410050_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUHPEMBELAJARAN TEKS ARAB BERBASIS TERJEMAH ARAB PEGON PADA PENGUASAAN MUFRODATDAN GRAMATIKAL BAHASA ARAB SISWI MTs KELAS MUMTAZ AWWAL DI MTS PONDOKTREMAS PACITAN JAWA TIMUR)
1520410050_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Apriani Novitasari: Analisis Pengaruh Teks Arab Berbasis Terjemah Arab Pegon Pada Penguasaan Mufrodat Dan Gramatikal Bahasa Arab Siswi Kelas Mumtaz Awwal Di Pondok Pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur. Tesis, Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu tradisi yang masih berjalan di Pondok Tremas yaitu penggunaan terjemah dengan model Arab pegon. Penggunaan terjemah model ini melibatkan banyak unsur di dalamnya, baik dari segi morfologi, sintaksis, semantik maupun restrukturisasi. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti keterkaitan penggunaan terjemah Arab pegon dengan beberapa unsur bahasa yaitu mufrodat dan gramatikal bahasa Arab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur implementasi proses pembelajaran teks Arab berbasis terjemah Arab Pegon di kelas Mumtaz Awwal MTs Pondok Pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur, serta korelasi dan pengaruhnya hubungan penggunaan terjemah arab pegon terhadap penguasaan mufrodat dan gramatikal bahasa Arab pada siswi kelas Mumtaz Awwal MTs Pondok Pesantren Tremas Pacitan Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian pada siswa kelas mumtaz awwal putri Madrasah Tsanawiyah Pondok Tremas dengan mengambil sampel berjumlah 30 siswi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Kemudian Analisis data yg digunakan adalah analisis korelasi product moment dan regresi yang kemudian diintrepretasikan dan diberi kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan terjemah berbasis Arab pegon di MTs Pondok Tremas sebagai penunjang pembelajaran sudah berjalan dengan baik dan efektif. Dibuktikan dari hasil penghitungan angket yang telah disebarkan kepada siswa yang kemudian di prosentasikan sebesar 80% dan hasil analisis korelasi koefisiensinya yaitu “tinggi” (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan terjemah Arab pegon terhadap penguasaan mufrodat dan gramatikal bahasa Arab pada siswi kelas Mumtaz Awwal MTs Pondok Tremas. Dari hasil output dihasilkan koefisien korelasi antara variabel X dengan variabel Y1 adalah sebesar 0,682 dan untuk variabel Y2 sebesar 0,470. Sedangkan berdasarkan tabel pedoman Interpretasi Koefisien Korelasi diketahui bahwa hubungan antara variabel X dan Y1 memiliki kekuatan hubungan yang “kuat” dan untuk variabel X dan Y2 memiliki kekuatan hubungan yang “sedang atau cukup” (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan terjemah Arab pegon terhadap penguasaan mufrodat dan gramatikal bahasa Arab pada siswi kelas Mumtaz Awwal MTs Pondok Tremas. Sumbangan relatifitas dan xi efektivitasnya sebesar 66,5% untuk variabel Y1 dan 61,4% untuk Y2. Implementasi terjemah Arab pegon erat kaitannya dengan penguasaan mufrodat dan gramatikal bahasa Arab, semakin metode terjemahan ini sering diterapkan, maka akan semakin banyak pula mufrodat dan gramatikal bahasa Arab yang akan dikuasai siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A
Uncontrolled Keywords: Terjemah Arab Pegon, Penguasaan Mufrodat, Penguasaan Gramatikal Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Nov 2017 11:11
Last Modified: 14 Nov 2017 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum