KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SAFWAN IDRIS

Najamul Wathan, NIM 1520410073 (2017) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SAFWAN IDRIS. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SAFWAN IDRIS)
1520410073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT SAFWAN IDRIS)
1520410073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Najamul Wathan., Konsep Pendidikan Islam Menurut Safwan Idris Tesis, Yogyakarta: Pemikiran Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga , 2017. Safwan Idris merupakan tokoh pembaharu pendidikan Islam di Aceh. Pembaharuan yang berhasil dilakukannya adalah membangun relasi yang baik antara pendidikan tradisional dayah dengan lembaga pendidikan IAIN Ar-Raniry selama ini terjadinya dikotomi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam menurut Safwan Idris dan menganalisis implikasi konsep pendidikan Islam Safwan Idris terhadap konsep pendidikan Islam di UIN Ar-Raniry. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Libray Research) dengan pendekatan historis-filosofis. Sumber data menggunakan dua acuan sumber data primer dan sumber data sekunder. Dimana data dikumpulkan dari buku-buku, jurnal, artikel, dan sumber-sumber lain yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Sedangkan tehnik analisa data yang digunakan yaitu metode Content Analysis. Melalui penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kurikulum pendidikan Islam dalam pandangan Safwan Idris menekankan pada aspek usaha pendidikan dengan menyiapkan tenaga ahli agama sehingga umat bisa berkembang dan terbina dengan baik tanpa ada tenaga-tenaga ahli yang menjadi pilar-pilar umat dan ahli-ahli agama yang berperan sebagai tokoh-tokoh dan pemimpin masyarakat yang telah memberikan sumbangan besar dalam masyarakat. 2). Proses Pembelajaran dalam pandangan Safwan Idris meletakkan dasar kombinasi nilai pergerakan keilmuan yaitu moralitas, intelektualitas dan silaturahmi yang merupakan kunci dasar proses pembelajaran dalam pendidikan Islam untuk menanamkan nilai-nilai keislamanan. 3). Lembaga pendidikan dayah Safwan Idris menginginkan lembaga dayah tidak seharusnya menutup diri dari perubahan, tetapi dayah sebagai lembaga pendidikan harus mampu bersaing di era globalisasi dengan tanpa melepaskan identitas kedayahannya. Adapun lembaga pendidikan meunasah sebagai tempat pendidikan pertama agama selain rumah. Kurikulum yang dilaksanakan dalam pendidikan di meunasah merupakan kurikulum dasar dalam pendidikan anak-anak di Aceh terutama kurikulum berisi pelajaran membaca Al-Quran yang dimulai dengan pengenalan huruf hijaiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Islam, Safwan Idris.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Nov 2017 10:02
Last Modified: 15 Nov 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27412

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum