PENGARUH POLA ASUH IBU SEBAGAI SINGLE PARENT DALAM PENINGKATAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGI MOTIVASI NILAI BELAJAR ANAK DI MI AL KHOIRIYAH WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Khulil Khasanah, NIM: 1420421031 (2017) PENGARUH POLA ASUH IBU SEBAGAI SINGLE PARENT DALAM PENINGKATAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGI MOTIVASI NILAI BELAJAR ANAK DI MI AL KHOIRIYAH WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH POLA ASUH IBU SEBAGAI SINGLE PARENT DALAM PENINGKATAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGI MOTIVASI NILAI BELAJAR ANAK DI MI AL KHOIRIYAH WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
1420421031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH IBU SEBAGAI SINGLE PARENT DALAM PENINGKATAN PEMBINAAN KARAKTER RELIGI MOTIVASI NILAI BELAJAR ANAK DI MI AL KHOIRIYAH WONOLELO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
1420421031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Nama : Khulil Khasanah, NIM 1420421031 Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2016 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh keluarga Ibu single parent terhadap peningkatan pembinaan karakter religious dan motivasi belajar siswa MI Al-Khairiyah Wonolelo Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelelitian mix method, yaitu merupakan suatu langkah penelitian dengan menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini meliputi orang tua siswa dan siswa MI Al-Khairiyah yang berasal dari keluarga single parent. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi sederhana dan uji t dengan didahului uji prasyarat yang meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data regresi sederhana diperoleh 1.Pola asuh ibu single parent berpengaruh terhadap pembinaan karakter religious dan motivasi belajar anak di MI al Khairiyah Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh uji t yang didapat nilai thitung>ttabel (4,776 > 2,145), sehingga Ho ditolak. Nilai t hitung positif artinya berpengaruh positif, yaitu jika Pola asuh ibu single parent meningkat maka pembinaan karakter religious dan motivasi belajar anak juga akan meningkat. 2. Besar sumbangan pengaruh variable pembinaan karakter religious motivasi belajar anak terhadap pola asuh ibu single parent sebesar 62%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis determinasi yang didapat nilai 0,620 atau 62%. Sedangkan untuk mengvalidkan data penelitian ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif yang memperoleh hasil 1. Tipe-tipe Pola Asuh yang diterapkan Ibu Single Parentdi MI Al Khoiriyah adalah satu ibu single parent menerapkan pola asuh otoritarian, satu ibu single parent menerapkan pola asuh permisif, satu ibu single parent menerapkan pola asuh demokratis dan satu ibu single parent menerapkan pola asuh campuran antara pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. 2. Pola asuh Ibu single parent berpengaruh terhadap pembinaan karakter religious dan motivasi belajar anak di MI Al Khairiyah Wonolelo Pleret Bantul Yogyakarta, yaitu jika Pola asuh Ibu single parent meningkat maka pembinaan karakter religious dan motivasi belajar anak juga akan meningkat. 3. Besar sumbangan pengaruh variable pembinaan karakter religious motivasi belajar anak terhadap pola asuh Ibu single parent sebesar 62%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Psikologi > Psikologi Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2017 08:58
Last Modified: 16 Oct 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum