NASKAH NAẒM MA’HAD DᾹR AS-SALᾹM FĪ BAYᾹN ADᾹB AṬ-ṬᾹLIB LI AL-‘ILM KARYA TGH. M. RIDWANULLAH AT-TAUHIDI (KAJIAN FILOLOGI DAN ANALISIS STRUKTURALISME DINAMIK)

WILDAN, NIM. 1520510024 (2017) NASKAH NAẒM MA’HAD DᾹR AS-SALᾹM FĪ BAYᾹN ADᾹB AṬ-ṬᾹLIB LI AL-‘ILM KARYA TGH. M. RIDWANULLAH AT-TAUHIDI (KAJIAN FILOLOGI DAN ANALISIS STRUKTURALISME DINAMIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NASKAH NAẒM MA’HAD DᾹR AS-SALᾹM FĪ BAYᾹN ADᾹB AṬ-ṬᾹLIB LI AL-‘ILM KARYA TGH. M. RIDWANULLAH AT-TAUHIDI (KAJIAN FILOLOGI DAN ANALISIS STRUKTURALISME DINAMIK))
1520510024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NASKAH NAẒM MA’HAD DᾹR AS-SALᾹM FĪ BAYᾹN ADᾹB AṬ-ṬᾹLIB LI AL-‘ILM KARYA TGH. M. RIDWANULLAH AT-TAUHIDI (KAJIAN FILOLOGI DAN ANALISIS STRUKTURALISME DINAMIK))
1520510024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Naskah tulisan yang dikenal dengan istilah manuskrip merupakan salah satu sumber lokal yang paling otoritatif dan paling autentik dalam memberikan informasi tentang berbagai pemikiran, pengetahuan, kepercayaan adat istiadat, dan perilaku masyarakat pada masa diciptakannya. Naskah Indonesia terdapat dalam jumlah jutaan dalam berbagai bidang keilmuan. Sebagiannya sudah disimpan dengan baik di berbagai perpustakaan, baik di dalam maupun di luar negeri, dan sebagian yang lain masih dipegang oleh warga masyarakat. Salah satu naskah yang ditemukan di tangan warga masyarakat adalah naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām fῑ Bayān Adāb aṭ-Ṭālib li al-„Ilm yang lazim disebut naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām. Naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām merupakan salah satu karya masterpice TGH. M. Ridwanullah at-Tauhidi, salah seorang ulama asal Lombok. Naskah ini sudah disalin oleh muridnya bernama Abdul Qadir Jaelani pada tahun 2011 dengan tujuan agar menjadi lebih baik. Namun karena penyalin kurang memahami bahasa dan pokok persoalan naskah yang disalin, akibatnya terjadi kesalahan-kesalahan dalam proses penyalinan yang menimbulkan versi yang berbeda atau berbeda bacaannya dengan naskah yang ditulis oleh pengarangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisasi, mendeskripsikan, dan menyajikan suntingan, transliterasi, dan terjemahan teks naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām yang siap baca dan siap dikaji dari berbagai perspektif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan filologis. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan ajaran dalam naskah Naẓm Ma‟had Dār as- Salām dan mengetahui kondisi sosial yang melatari pengarangnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan strukturalisme dinamik. Hasil penelitian filologis yang dilakukan adalah terbentuknya sebuah teks dengan kualitas bacaan yang terbaik (best reading) dengan sebuah edisi atau suntingan, transliterasi, dan terjemahan yang akademis (scholarly edition). Sedangkan hasil penelitian strukturalisme dinamik yang dilakukan adalah terungkapnya pokok-pokok ajaran dalam naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām yang meliputi tasawuf, kalam, fikih, dan hadits serta kondisi sosial masyarakat Indonosia pada penghujung Era Orde Baru dan awal-awal Era Orde Reformasi. Kontribusi penelitian ini yaitu: pertama, dalam upaya pengembangan linguistik terapan; kedua, pemerkayaan kebudayaan nasional; ketiga, informasi isi kandungan naskah Naẓm Ma‟had Dār as-Salām; keempat, sebagai rujukan dalam mengkaji cabang-cabang ilmu lain; dan terakhir dapat menambah studi pernaskahan Indonesia, terutama naskah keagamaan yang selama ini masih dirasakan kurang mendapat perhatian kalangan akademisi perguruan tinggi Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Naskah, Naẓm Ma’had Dār as-Salām fῑ Bayān Adāb aṭ-Ṭālib li al- ‘Ilm, TGH. M. Ridwanullah at-Tauhidi, Filologi, Strukturalisme Dinamik.
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Oct 2017 09:00
Last Modified: 04 Oct 2017 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum