SEDEKAH ONLINE YUSUF MANSUR (KAJIAN TENTANG OTORITAS DAN BAHASA AGAMA DI MEDIA SOSIAL)

MANSUR HIDAYAT, NIM. 1520010031 (2017) SEDEKAH ONLINE YUSUF MANSUR (KAJIAN TENTANG OTORITAS DAN BAHASA AGAMA DI MEDIA SOSIAL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEDEKAH ONLINE YUSUF MANSUR (KAJIAN TENTANG OTORITAS DAN BAHASA AGAMA DI MEDIA SOSIAL))
1520010031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SEDEKAH ONLINE YUSUF MANSUR (KAJIAN TENTANG OTORITAS DAN BAHASA AGAMA DI MEDIA SOSIAL))
1520010031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan otoritas agama di media sosial dengan mengeksplorasi pada dakwah sedekah online yang disampaikan Yusuf Mansur (YM) di media sosial. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian adalah bagaimanakah dakwah sedekah online Yusuf Mansur disampaikan melalui media sosial?, sejauh manakah dakwah sedekah online Yusuf Mansur memiliki otoritas untuk diikuti?. Sedangkan tujuan daripada penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana YM mengkonstruksi otoritas dan bahasa agama di media sosial dalam kegiatan dakwah sedekahnya serta untuk mempelajari sejauh mana otoritas YM diikuti oleh audiens. Selain itu, kajian juga berguna dalam memahami peran media sosial dalam kegiatan filantropi. Penelitian ini mengacu pada empat bulan kerja lapangan etnografi online dan offline terhadap aktivitas yang berhubungan dengan sedekah online YM di media sosial. Hal ini menunjukkan bahwa dakwah sedekah YM disampaikan dengan bertumpu pada lapisan otoritas: self presentation, switching code, dan textual reference. Ketiga hal tersebut berguna untuk menguatkan legitimasi pesan dakwah sedekah online YM serta sebagai upaya untuk mempertahankan diri di media sosial. Sedangkan pesan dakwah lebih banyak dikomunikasikan dengan mengaitkan pada imbalan materi. Upaya tersebut dapat menguatkan keyakinan audiens dalam bersedekah, tetapi audiens dengan ideologi yang berbeda memiliki kecenderungan selektif dalam menerima pesan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sunarwoto, S.Ag,. M.A.
Uncontrolled Keywords: Yusuf Mansur, Otoritas dan Bahasa Agama, Media Sosial
Subjects: Komunikasi Islam
Masyarakat Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Oct 2017 14:03
Last Modified: 11 Oct 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27499

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum