REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWI BERPERAN GANDA (STUDI TERHADAP MAHASISWI DI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS)

ASTAMAN, NIM. 1520010052 (2017) REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWI BERPERAN GANDA (STUDI TERHADAP MAHASISWI DI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWI BERPERAN GANDA (STUDI TERHADAP MAHASISWI DI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS))
1520010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWI BERPERAN GANDA (STUDI TERHADAP MAHASISWI DI INSTITUT AGAMA ISLAM SULTAN MUHAMMAD SYAFIUDDIN SAMBAS))
1520010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB)

Abstract

Regulasi diri dalam belajar merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan atau mencapai tujuan akademik yang maksimal dengan cara mengatur diri dalam belajar dan mengelola lingkungan yang kondusif untuk belajar dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi dan perilaku belajar aktif. Mahasiswi berperan ganda adalah wanita yang selain berstatus sebagai seorang mahasiswi juga berperan sebagai seorang istri, seorang ibu dan sebagai wanita karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi diri dalam belajar pada mahasiswi berperan ganda dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang melibatkan 5 mahasiswi berperan ganda yang memiliki prestasi akademik di Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) Sambas yang telah dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Data yang terkumpul didapatkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu interactive model yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Selain itu hasil penelitian juga dianalisis dengan menggunakan pendekatan psikologi pendidikan dan analisis gender. Penelitian ini berkesimpulan bahwa wanita yang berperan ganda yang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dilatar belakangi oleh keinginan diri sendiri dan dukungan dari orang-orang terdekat. Selain itu ditemukan empat bentuk regulasi diri dalam belajar pada mahasiswi berperan ganda di IAIS Sambas yakni regulasi kognitif, regulasi motivasi, regulasi perilaku dan regulasi emosi. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi regulasi diri dalam belajar yang dilakukan subjek dalam penelitian ini adalah faktor pribadi (person), faktor perilaku (behaviour) dan faktor lingkungan (environment).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri Dalam Belajar, Mahasiswi Berperan Ganda
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Oct 2017 08:44
Last Modified: 12 Oct 2017 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum