SELEKSI DAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN “PERWIRA GRAHA PUSTAKA” SMA NEGERI 1 KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH

LATIFAH AULIYA NURJANAH, NIM. 14130021 (2017) SELEKSI DAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN “PERWIRA GRAHA PUSTAKA” SMA NEGERI 1 KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SELEKSI DAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN “PERWIRA GRAHA PUSTAKA” SMA NEGERI 1 KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH)
14130021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SELEKSI DAN PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA BUKU DI PERPUSTAKAAN “PERWIRA GRAHA PUSTAKA” SMA NEGERI 1 KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH)
14130021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam manajemen pengembangan perpustakaan sekolah hal yang perlu diperhatikaan adalah seleksi dan pengolahan bahan pustaka, karena seleksi bahan pustaka merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan karena berhubungan dengan kualitas mutu suatu perpustakaan. Suatu perpustakaan tidak akan ada artinya jika koleksi yang tersedia tidak sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Dalam kegiatan seleksi bahan pustaka ini, hal yang perlu di perhatikan ialah siapakah tim yang berhak melakukan seleksi, alat bantu apa yang digunakan, prinsip apa yang digunakan dalam melakukan seleksi, dan bagaimana prosedur dalam melakukan seleksi. Sementara pengelolaan bahan pustaka berguna untuk memudahkan penyimpanan dan temu kembali informasi baik bagi pustakawan maupun pemustaka. Pengolahan bahan pustaka merupakan kegiatan di perpustakaan, yang dimulai dari pemeriksaan bahan pustaka yang baru datang sampai dengan bahan pustaka tersebut siap dilayankan dan disusun di rak koleksi untuk dimanfaatkan oleh pemustaka. Kegiatan pengolahan bahan pustaka meliputi pengecekan bahan pustaka, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyandian, kelengkapan fisik buku dan shelving. Dalam perkembangannya, pengolahan bahan pustaka dapat dilakukan menggunakan sistem otomasi perpustakaan atau pengolahan dengan bantuan komputer, dengan tujuan memudahkan pustakawan dalam mengolah bahan pustaka. Pengolahan bahan pustaka di Perpustakaan “Perwira Graha Pustaka” SMA Negeri 1 Kaliwiro awalnya dilakukan secara manual kini sedikit demi sedikit beralih menggunakan media komputer. Perpustakaan “Perwira Graha Pustaka” SMA Negeri 1 Kaliwiro memilih software Senayan Library Management System (SLiMS) untuk membantu dalam kegiatan pengolahan bahan pustaka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Faisal Syarifuddin, S. Ag., SS, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Seleksi Bahan Pustaka, Pengolahan Bahan Pustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (D3)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:40
Last Modified: 17 Oct 2017 12:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum