PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA

Anggitiyas Sekarinasih, NIM. 1520420034 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA)
1520420034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB SISWA)
1520420034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Anggitiyas Sekarinasih, Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Karakter Rasa Ingin Tahu, Disiplin, dan Tanggung Jawab Siswa. Tesis. Yogyakarta: Program Magister Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini berangkat dari persoalan pengembangan karakter yang merupakan salah satu tujuan pendidikan Indonesia. Untuk mengimplementasikan pendidikan karakter harus diinternalisasikan dalam pelajaran lain, namun dalam kenyataan di lapangan hal ini merupakan sesuatu yang masih sulit dilakukan. Selain itu, adanya perubahan paradigma dalam pembelajaran mengharuskan pendidik untuk lebih kreatif dalam mengembangkan model pembelajaran. Konstruktivisme merupakan salah satu pendekatan yang dapat digunakan untuk mengembangkan model pembelajaran, terutama pada mata pelajaran IPA. Memperhatikan tujuan dan karakter mata pelajaran IPA menjadikan konstruktivisme menjadi pendekatan paling sesuai dalam mengembangkan model pembelajarannya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk merumuskan suatu model pembelajaran IPA dengan teori konstruktivisme sebagai pendekatannya, yang mencakup di dalamnya termasuk merumuskan Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP). Selain merumuskan, model pembelajaran ini diuji cobakan di lapangan untuk melihat efektivitas model baik dari segi peningkatan karakter maupun dari segi akademik. Penelitian ini menggunakan metode Reserch and Devolepment (R&D). langkah-langkah yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah presesdur pengembangan yang dikembangkan oleh Brog and Gall yang terdiri dari empat tahap, yaitu eksplorasi, pengembangan model, pengujian model, dan deseminasi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, studi pustaka, observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk subjek uji coba dilakukan di kelas IIIA SDIT Salsabila Banguntapan Yogyakarta. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dalam pembelajaran guru harus memperhatikan pengalaman/pengetahuan siswa. Selama pembelajaran guru bertugas sebagai fasilitator. Dalam proses pembelajaran, siswa belajar bersama dengan kelompok dan harus mengikuti peraturan yang telah disepakati bersama. Selain itu, proses pembelajaran lebih banyak dilakukan di luar kelas dengan pengamatan langsung terhadap lingkungan sekolah. Implementasi model pembelajaran ini terbukti mampu meningkatkan karakter rasa ingin tahu, disiplin, dan tanggung jawab siswa baik berdasarkan pengakuan diri/penilaian diri siswa maupun berdasarkan observasi guru. Selain efektif untuk meningkatkan arakter, implementasi model pembelajaran ini juga efektif untuk meningkatkan akademik siswa yang dilihat dari perhitungan nilai pretest dan posttest yang dilakukan. Kata Kunci: model pembelajaran, konstruktivisme, karakter, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab, pembelajaran IPA x Abstract Anggitiyas Sekarinasih, Development of Constructivism-Based Science Learning Model to Improve Student Curiosity, Discipline and Student Responsibility Characters. Thesis, Yogyakarta: Master Program Faculty of Science Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. This research departs from the issue of character development which is one of the goals of Indonesian education. To implement character education must be internalized in other lessons, However, in reality on the ground, this is something that is still difficult to do. In addition, a paradigm change in learning requires educators to be more creative in developing learning models. Constructivism is one approach that can be used to develop learning models, especially on science subjects. Taking into account the objectives and character of science subjects makes constructivism the most appropriate approach in developing the learning model. In general, this study aims to formulate an Science learning model with constructivism theory as its approach, which includes the formulating the Lesson Plans (RPP). In addition to formulate this learning, the learning model will also be tested in the field to observe the effectiveness of the model both in terms of improving the character and academic aspects This research uses Research and Development (R & D) method. The steps that become the reference in this research are development procedure developed by Brog and Gall which consists of four stages, namely exploration stage, model development stage, model testing stage, and dissemination stage. The data collection techniques in this study are by interview, literature study, observation, questionnaires, tests, and documentation. While, for the subject of trials was conducted in class IIIA SDIT Salsabila Banguntapan Yogyakarta. The results of this study explain that in the learning of teachers should pay attention to the experience / student knowledge. During the teaching the teacher served as a facilitator. In the learning process, students learn together with the group and have to follow the rules that have been agreed upon. In addition, the learning process is mostly done outside of the classroom with direct observation of the school environment. Implementation of this learning model proved able to improve the character of curiosity, discipline, and responsibility of students based on self-recognition / self-assessment of students and based on teacher observation. In addition effectively to improve these characters, implementation of this learning model is also effectively to improve students' academic views of the calculation of pretest and posttest values performed. Keywords: learning model, constructivism, character, curiosity, discipline, responsibility, science learning

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Janan Asifuddin, M. Ag
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran, konstruktivisme, karakter, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab, pembelajaran IPA, learning model, constructivism, character, curiosity, discipline, responsibility, science learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:17
Last Modified: 18 Oct 2017 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum