ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Atas Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013)

Mawadah Rahmawati, NIM: 1520421014 (2017) ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Atas Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Atas Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013))
1520421014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BAHAN AJAR SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Atas Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013))
1520421014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mawadah Rahmawati, Analisis Bahan Ajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah dari Perspektif Pendidikan Kritis (Studi Atas Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013), Tesis, Program Magister, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya mewujudkan pemahaman keagamaan bernuansa kesadaran kritis memerlukan penelitian mendalam terhadap bahan ajar Pendidikan Agama Islam karena pemahaman keagamaan yang eksklusif kini menjadi pemahaman mayoritas di masyarakat. Hal ini terjadi karena umat Islam memahami ajaran agama hanya secara sempit dan kaku, tidak memakai pembuktian dan penalaran ilmiah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis dan mengetahui teks dan gambar ilustrasi pada buku bahan ajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah mata pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 ditinjau dari perspektif pendidikan kritis. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan teks dan gambar ilustrasi pada buku bahan ajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah mata pelajaran Akidah Akhlak Kurikulum 2013 ditinjau dari Perspektif Pendidikan Kritis. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan interpretasi isi (content interpretation), disertai dengan analisis inferensial, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Adapun penelitian ini mengambil fokus pada Bahan Ajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013. Hasil penelitian ini adalah: Dalam analisisnya, menggunakan dua aspek analisis, yaitu aspek secara Makro (Indikator Konseptual, Tematik, dan Pedagogis) dan aspek secara Mikro (Indikator Empiris, Egaliter, dan Dialogis). Dalam temuannya, terdapat beberapa komponen bahan ajar yang berkecenderungan kesadaran kritis yaitu berkaitan dengan teks dan gambar ilustrasi dalam buku Akidah Akhlak, terdapat 23 % yang berkecenderungan kesadaran magis; 0 % yang berkecenderungan kesadaran naif; dan 84,6 % yang berkecenderungan kesadaran kritis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kecenderungannya sudah didominasi pada kesadaran kritis. Hal itulah yang menjadi salah satu kelebihan buku bahan ajar tersebut ditinjau dari perspektif pendidikan kritis. Kata Kunci: pendidikan kritis, bahan ajar. ABSTRACT Mawadah Rahmawati, Analysis of Instructional Materials Grade IV Elementary School of Education Critical Perspectives (Studies Textbooks Over Morals Aqeedah Subjects Curriculum 2013), Thesis, Master Program, Faculty of Tarbiya and Teaching, Sunan Kalijaga Yogyakarta State Islamic University, 2017. This research is motivated by efforts to achieve a nuanced understanding of religious critical consciousness requires in-depth research on Islamic Education teaching material for exclusively religious understanding has now become the majority in the community understanding. This happens because Muslims understand the teachings of only a narrow and rigid, not taking evidence and scientific reasoning. The purpose of this study are: (1) To analyze and determine the text and illustrations in textbooks Elementary School fourth grade students Aqeedah Morals curriculum subjects in 2013 viewed from the perspective of critical education. (2) To know the advantages and disadvantages of text and illustrations in textbooks Elementary School fourth grade students Aqeedah Morals curriculum subjects in 2013 in terms of Critical Education Perspective. This research was the study of literature by using content analysis methods (content analysis) and interpretation of the content (content interpretation), accompanied by inferential analysis, both qualitatively and quantitatively. As this study focuses on the Student Instructional Materials Subject Aqeedah Morals Elementary School Fourth Grade Curriculum 2013. The results of this study are: In its analysis, using two aspects of the analysis, ie aspects in Macro (Indicators Conceptual, Thematic, and Pedagogical) and aspects in Micro (Empirical Indicators, Egalitarian, and Dialogic). In his findings, there are several components of teaching materials that tend critical consciousness that is related to the text and illustrations in the book Morals Aqeedah, there are 23% who tend magical consciousness; 0% inclined naive consciousness; and 84.6% were inclined critical awareness. Therefore, we can conclude that the trend is dominated by the critical consciousness. That's the one of the advantages of textbooks were reviewed from the perspective of critical pedagogy. Keywords: critical education, teaching materials.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkifli Lessy, M.Ag., Ph.D
Uncontrolled Keywords: pendidikan kritis, bahan ajar, critical education, teaching materials.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:50
Last Modified: 18 Oct 2017 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27569

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum