BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI LAYANAN DALAM MEMBANTU SISWA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN BARU (Eksperimen di MI Ma’arif Sangon Kokap Kulon Progo Tahun 2016/2017)

Etik Fadhilah Ihsanti, NIM: 1520421017 (2017) BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI LAYANAN DALAM MEMBANTU SISWA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN BARU (Eksperimen di MI Ma’arif Sangon Kokap Kulon Progo Tahun 2016/2017). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI LAYANAN DALAM MEMBANTU SISWA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN BARU (Eksperimen di MI Ma’arif Sangon Kokap Kulon Progo Tahun 2016/2017))
1520421017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI LAYANAN DALAM MEMBANTU SISWA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN BARU (Eksperimen di MI Ma’arif Sangon Kokap Kulon Progo Tahun 2016/2017))
1520421017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB)

Abstract

Etik Fadhilah Ihsanti. Bimbingan kelompok sebagai layanan dalam membantu siswa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. (Eksperimen di MI Ma’arif Sangon Kokap Kulon Progo Tahun 2016/2017). Tesis, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, UIN. Dosen Pembimbing Dr. H. Abdul Munip, M.Ag. Self-adjustment requires the ability of first grade students to live and socialize normally in their environment. The first grade students should be good in self-adjustment, without being accompanied by their mother. But in fact, the first grade student at MI Ma’arif Sangon has low selfadjustment. They are still accompanied by their mother in learning activity. The aim of this study is to identify whether self-adjustment to the school environment can be improved by group counseling or not. This type of research is experiment research. The design which is used is Quasi eksperimental Design. The method of collecting data uses psychology scale which is held before and after giving group counseling. The technique of analyzing the data uses Wilcoxon test and descriptive presentation. Self-adjustment is the ability of person to live and socialize normally to his/her environment, so she or he can be satisfied with himself or herself and his or her environment. Seeing that the self-adjustment is needed, the group counseling is held. The activity of group counseling will be alive with group dynamics. Group dynamics is the effective media for the personal of the group to improve the positive aspect in interpersonal communication with each other. Based on this the result of this research, it can be identified that before giving group counseling, self-adjustment ability to the school environment at average and low criteria is 57,95%. After giving group counseling, the self-adjustment ability improves into average criteria with a percentage of 82,52%. From the result, it can be concluded that there is an improvement of 24,57%. The positive self-adjustment before they get group counseling service is about 12.91 and after getting group counseling service is about 19.73. Positive self-adjustment increases in xii the number of 6.82. The negative self-adjustment before getting group counseling service is 8.55, and after getting group counseling is about 4.18. The increase of negative self-adjustment before and after getting group counseling is -4.86. the result of Wilcoxon shows that J is counted as <= J table, means Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this research is that there is an improvement of self-adjustment to the environment on the first grade students at MI Ma’arif Sangon after giving group counseling. Key words: group counseling; self-adjustment to school environment [INDONESIA] Penyesuaian diri menuntut kemampuan anak kelas I untuk hidup dan bergaul secara wajar terhadap lingkungannya, sehingga anak merasa puas terhadap dirinya dan juga terhadap lingkungannya. Seharusnya anak kelas I pada semester I penyesuaian diri anak dapat baik, tidak ada anak yang masih ditunggui dalam pebelajaran, tetapi kenyataannya di MI Ma’arif Sangon, penyesuaian diri anak kelas I masih rendah, masih ditunggui ibu dalam KBM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas I dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok?. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi eksperimental Design. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan deskriptif persentase. Penyesuaian diri ialah kemampuan seseorang untuk hidup dan bergaul secara wajar terhadap lingkungannya, sehingga ia merasa puas terhadap dirinya dan terhadap lingkungan. Karena penyesuaian ini dibutuhkan maka diadakan bibingan kelompok. Kegiatan bimbingan kelompok akan terlihat hidup jika di dalamnya terdapat dinamika kelompok. Dinamika kelompok merupakan media efektif bagi anggota kelompok dalam mengembangkan aspek -aspek positif ketika mengadakan komunikasi antarpribadi dengan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sebelum diberikan bimbingan kelompok siswa memiliki tingkat penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah dengan kriteria rata-rata sedang dan rendah yaitu 57,95%, sesudah diberikan bimbingan kelompok kemampuan x penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah siswa menjadi sedang 82,52%. Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 24,57%. Penyesuaian diri positif sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok rata-rata 12.91 dan setelah mendapat layanan bimbingan kelompok penyesuaian diri positif menunjukkan rata-rata sebesar 19.73. Penyesuaian diri positif mengalami peningkatan sebesar 6.82. Penyesuaian diri negatif sebelum mendapatkan layanan bimbingan ratarata sebesar 8.55 setelah mendapat layanan bimbingan rata-rata sebesar 4.18. Peningkatan penyesuaian diri negatif sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok meningkat sebesar -4.86. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa J hitung ≤ J tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pada siswa kelas I MI Ma’arif Sangon setelah pemberian layanan bimbingan kelompok. Kata kunci: bimbingan kelompok; penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok; penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:54
Last Modified: 18 Oct 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum