ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SD KELAS 6

Rizki Putra Pradana, NIM: 1520421018 (2017) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SD KELAS 6. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SD KELAS 6)
1520421018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA BUKU SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 SD KELAS 6)
1520421018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB)

Abstract

RIZKI PUTRA PRADANA. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas VI Kurikulum 2013 . Tesis. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016/2017. Buku merupakan sarana dan media efektif untuk memperoleh informasi tentang ajaran nilai-nilai keberagaman baik dalam nilai toleransi, keadilan, kesetaraan dan demokrasi. Telah tersedia berbagai buku teks PAI yang membahas pendidikan berbasis keberagaman. Namun, banyak fakta yang masih menyangkut beberapa kasus tentang kekerasan yang mengatas-namakan agama. Apakah pesanpesan dalam buku teks PAI tidak sesuai yang diharapkan sehingga pesan-pesan itu tidak tersampaikan dalam membentuk karakter yang baik. Oleh karena itu, peneliti ini ingin mengangkat permasalahan yaitu 1) Bagaimana muatan nilai-nilai multikultural yang dikembangkan dalam buku teks siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD kelas VI dan 2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan buku siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam perspektif pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan telaah dokumen yaitu buku siswa PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP. Teknik analisis data meliputi analisis isi (content analysis) dan analisis kritis. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara teknik analisis isi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan temuan nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat pada buku siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti SD kelas VI. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pentingnya ketersediaan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku siswa mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VI Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) muatan nilai-nilai multikultural yang dikembangkan didalam buku teks PAI dan Budi Pekerti kelas VII SMP mencakup 4 nilai yaitu 1) nilai toleransi, 2) nilai demokrasi, 3) nilai kesetaraan/kesamaan, 4) nilai keadilan. (2) Kelebihan buku siswa PAI dan Budi Pekerti SD kelas 6 dalam perspektif pendidikan multikultural adalah setiap bab pada buku tersebut memiliki minimal satu nilai pendidikan multikultural dan terdapat cukup banyak ilustrasi dari buku tersebut yang menggambarkan tentang adanya nilai-nilai pendidikan multikultural; kekurangan buku siswa PAI dan Budi Pekerti SD kelas 6 dalam perspektif pendidikan multikultural adalah pada masingmasing bab perlu diperjelas dan diperlengkap lagi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 09:12
Last Modified: 18 Oct 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27572

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum