PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT “AL-HUDA” SIRAU

RIZQI MUBAROK, NIM. 13820221 (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT “AL-HUDA” SIRAU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT “AL-HUDA” SIRAU)
13820221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT “AL-HUDA” SIRAU)
13820221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

High operational funding makes banks reluctant to release financing for micro entrepreneurs, the phenomenon inspiring presence of Baitul Mal wa Tamwil. Financing at BMT be able to touch the micro-entrepreneurs as a business unit of the smallest, but most have a number of businesses in Indonesia. Therefore BMT is expected to remain able to maintain the quality of service, trust and religiosity in order to create a sense of loyalty for the members. In this study the authors used the service quality, trust and religiosity as independent variables to be studied how they affect the loyalty of members. After review of the literature and formulation of hypotheses, the data obtained from questionnaires of 100 members of BMT Al-Huda Sirau, obtained using random sampling. The questionnaire method is used to seek information and determine the responses of respondents to each variable. The results showed that koofesien determination that looks at the value of Adjusted R Square of 0.474 which means that customer satisfaction can be explained by the independent variable is the quality of service, customer value, and attributes of Islamic banking products amounted to 47.4% while the remaining 52.6% influenced by other variables outside the study. Based on F test simultaneously variable service quality, trustworthiness significant positive effect on loyalty members. Partially quality service and confidence positive effect on loyalty members, religiosity is not a positive influence on loyalty members. Therefore playanan quality and trust have a big hand in creating loyalty. Keywords: quality of service, trust, religiosity and loyalty members. [INDONESIA] Pembiayaan operasional yang tinggi membuat pihak perbankan enggan mengeluarkan pembiayan bagi pengusaha mikro, fenomena tersebut menginspirasi kehadiran Baitul Mal wa Tamwil. Pembiayaan pada BMT lebih mampu untuk menyentuh pengusaha mikro sebagai unit usaha terkecil, akan tetapi memiliki jumlah usaha paling besar di Indonesia. Oleh karena itu BMT diharapkan tetap bisa mempertahankan kualitas pelayanan, kepercayaan dan religiusitas agar menimbulkan rasa loyal bagi anggota. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kualitas pelayanan, kepercayaan dan religiusitas sebagai variabel independen yang akan diteliti bagaimana pengaruhnya terhadap loyalitas anggota. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, diperoleh data dari penyebaran kuesioner dari 100 anggota BMT Al-Huda Sirau, yang diperoleh dengan menggunakan random sampling. Metode kuesioner ini digunakan untuk mencari informasi dan mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa koofesien determinasi yang terlihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,474 yang berarti bahwa kepuasan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu kualitas layanan, nilai nasabah, dan atribut produk perbankan syariah sebesar 47,4% sedangkan sisanya 52,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Berdasarkan uji F secara simultan variabel kualitas pelayanan, kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas anggota. Secara parsial kualitas pelayanan dan kepercayaan berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota, religiusitas tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota. Oleh karena itu kualitas playanan dan kepercayaan mempunyai andil besar dalam menciptakan loyalitas. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepercayaan, religiusitas dan loyalitas anggota

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. AKHMAD YUSUF KHOIRUDDIN, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, kepercayaan, religiusitas dan loyalitas anggota, quality of service, trust, religiosity and loyalty members.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Nov 2017 14:03
Last Modified: 16 Nov 2017 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27611

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum