ADAB GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab)

Sutri Cahyo Kusumo, NIM. 10410003 (2017) ADAB GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ADAB GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab))
10410003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (ADAB GURU DAN MURID MENURUT IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Telaah Kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab))
10410003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Adab Guru dan Murid pemikiran Imam Nawawi dalam kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab serta menelaah relevansinya terhadap pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan bisa digunakan untuk menyempurnakan konsep adab guru dan murid yang telah ada dalam ranah pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), dalam artian bahwa data-data yang mendukung penelitian ini berasal dari sumber pustaka, baik berupa buku, ensiklopedia, jurnal, dan sebagainya. Dalam menghimpun data, peneliti mendapatkannya dari dua sumber, yaitu sumber primer dan sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menggambarkan apa yang menjadi gagasan dalam kitab Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān dan Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab karya Imam Nawawi tentang adab guru dan murid. Sedangkan metode analisis dalam penelitian ini ialah analisis konten, yakni penelitian berupa pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adab guru terbagi dalam empat bagian, yakni adab guru terhadap dirinya sendiri, adab guru terhadap ilmu, adab guru terhadap murid dan pengajaran serta adab guru ketika mengajar. Sedangkan adab murid terbagi menjadi tiga, yakni adab murid terhadap dirinya sendiri, adab murid terhadap guru dan ilmu serta adab murid di dalam majlis ilmu. Dari penjabaran tersebut, tergambar jelas adab-adab guru dan murid yang relevan dengan pendidikan agama Islam. Relevansi adab guru dan murid terhadap pendidikan agama Islam terdapat pada empat bidang inti, yakni relevansi terhadap tujuan pendidikan agama Islam, relevansi terhadap kurikulum pendidikan agama Islam, relevansi terhadap pendidik dan peserta didik serta relevansi terhadap metode pendidikan agama Islam. Kata Kunci: Adab Guru Dan Murid, Relevansi, Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān, Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Adab Guru Dan Murid, Relevansi, Al-Tibyān Fī Ᾱdābi Ḥamalah Al-Qur’ān, Al-Majmū’ Syarḥ Al-Muhażżab, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 13:37
Last Modified: 20 Oct 2017 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum