EFEKTIFITAS DISKUSI MASALAH FIKIH KELAS JURUMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA

Muhammad Abdul Rozak, NIM : 10410086 (2017) EFEKTIFITAS DISKUSI MASALAH FIKIH KELAS JURUMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS DISKUSI MASALAH FIKIH KELAS JURUMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA)
10410086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS DISKUSI MASALAH FIKIH KELAS JURUMIYAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYAH YOGYAKARTA)
10410086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Abdul Rozak (10410086) Efektifitas diskusi masalah fikih kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta serta pelaksanaannya dalam penelitian ini bisa menjadi bahan evaluasi dan bisa memberi masukan kepada para guru Agama umumnya dan khususnya kepada para ustad kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang berusaha menganalisis relevansi penerapan diskusi masalah fikih kelas Jurumiyah dengan menggunakan pendekatan deskripsi. Analisis dilakukan untuk mendapatkan temuan empiris yang dapat dideskripsikan dari proses metode pembelajaran fikih pada kegiatan diskusi masalah fikih kelas Jurumiyah, menggali data secara sistematis dan mencermati fakta-fakta serta sifat populasi melalui proses mereduksinya, mendeskripsikannya, menganalisnya menggunakan prinsip deskripsi, kemudian menyimpulkannya. Metode diskusi pada penerapan diskusi masalah fikih kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah sangat menarik, sebab dengan metode tersebut para santri mengalami peningkatan semangat belajar, berfikir kritis, dan meningkatkan daya saing santri untuk mengetahui keilmuan Islam secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Bahwa penerapan diskusi masalah fiqih kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta meliputi tiga tahap, yaitu tahap pertama, inti dan akhir. Tahap pertama, moderator memulai diskusi dengan mengucapkan salam dan memimpin doa al-fatihah secara bersama-sama, hal ini dilakukan sebagai pembukaan diskusi. Pada tahap inti, materi Fiqih yang terdapat pada teks kitab Fikih kelas Jurumiyah dipresentasikan santri yang bertugas baik makna Jawanya dan arti bahasa Indonesianya. Setelah itu moderator membacakan pertanyaan yang sudah dibuat kelompok tersebut dan sudah disepakati bersama. Kemudian moderator mempersilahkan atau menunjuk salah satu kelompok untuk memaparkan jawabannya serta reverensinya. Pada saat sesi ini setiap kelompok menjawab pertanyaan serta memberikan alasan jawaban tersebut. Kemudian moderator menyimpulkan jawaban dari semua kelompok serta salam penutup dari moderator. Selanjutnya pada tahap akhir, para ustad Pendamping dipersilahkan untuk mengarahkan, menanggapi dan membimbing dari permasalahan yang muncul dalam diskusi dari salam sampai akhir penjelasan para ustad Pendamping. Setelah itu, salah satu ustad Pendamping memimpin doa penutup. (2)Bahwa hasil penerapan diskusi masalah fikih kelas Jurumiyah di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta sangat efektif, yaitu; dengan diskusi santri memahami materi yang diajarkan, santri terlatih untuk mencari referensi, santri mampu berfikir kritis dalam memecahkan masalah, santri terdorong menjadi aktif, santri mampu bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok, dan santri mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan lebih mendalam serta santri mengetahui hukum-hukum permasalahan fikih sehari-hari. Kata Kunci : Efektifitas Diskusi Masalah Fikih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. RADINO, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Diskusi Masalah Fikih
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 14:01
Last Modified: 20 Oct 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum