PERAN PROGRAM SERTIFIKASI AL QUR’AN KUA KECAMATAN SEDAYU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA SD N 2 PEDES BANTUL

NUR AHMAD, NIM. 10410092 (2017) PERAN PROGRAM SERTIFIKASI AL QUR’AN KUA KECAMATAN SEDAYU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA SD N 2 PEDES BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN PROGRAM SERTIFIKASI AL QUR’AN KUA KECAMATAN SEDAYU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA SD N 2 PEDES BANTUL)
10410092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN PROGRAM SERTIFIKASI AL QUR’AN KUA KECAMATAN SEDAYU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QUR’AN SISWA SD N 2 PEDES BANTUL)
10410092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NUR AHMAD. Peran Program Sertifikasi Al Qur’an KUA Kecamatan Sedayu dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Siswa SD N 2 Pedes Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah ada beberapa permasalahan yang harus dimengerti oleh orang tua dalam mendidik anak-anaknya dalam pendidikan Al Qur’an. Salah satu hal yang harus diketahui adalah tentang bagaimana orang tua mendorong anak-anaknya agar belajar membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Permasalahn yang terjadi setelah ada peran serta orang tua tentu adalah tempat dimana ana-anak belajar Al Qur’an. Dalam sejarah keilmuan Islam, ada sebuah tradisi yang sangat kuat dimana dalam mengajarkan pendidikan agama harus dilaksanakan oleh orang yang benar-benar mengetahui tentang ilmu tersebut. Maka dari itu penelitian ini akan sedikit mengulas tentang proses pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dengan metode Sertifikasi Al Qur’an yang dilaksanakan oleh para Penyuluh Agama Honorer (PAH) KUA Kec. Sedayu dengan persyaratan pendidik seperti telah disebutkan diatas. Penelitian ini merupakan penelitian field risearch yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar KUA Kec. Sedayu dan SD N 2 Pedes Sedayu. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif-kualitatif yaitu menginterpretasikan data yang telah diperoleh ke dalam bentuk kalimat-kalimat. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) Secara operasional pelaksanaan program sertifikasi Al Qur’an merupakan upaya KUA Kec. Sedayu yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Agama Kanwil Kab. Bantul dalam meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an siswa dengan mempertimbangkan kualifikasi keilmuan para pendidiknya. (2) Proses pelaksanaan program sertifikasi Al Qur’an yang dilaksanakan di SD N 2 Pedes Sedayu kelas 3 TA 2015/2016 dengan tahapan pra sertifikasi, sertifikasi, dan evaluasi. (3). Evaluasi yang dilaksanakan terhadap program sertifikasi yang dijalankan dalam kurun waktu 8 bulan perlaksanaan dinilai baik karena dapat menghantarkan para anak didik kelas 3 dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan target pencapaian yang di inginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sertifikasi Al Qur’an
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2017 14:10
Last Modified: 20 Oct 2017 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27634

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum