PEMIKIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

MUKHROJI, NIM. 10410157 (2017) PEMIKIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS)
10410157_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN QURAISH SHIHAB TENTANG MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS)
10410157_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

MUKHROJI. Pemikiran Quraish Shihab Tentang Materi Pendidikan Agama Islam dan Relevansinya Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tujuan pendidikan Islam di Indonesia belum sepenuhnya tercapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemikiran Quraish Shihab tentang materi Pendidikan Agama Islam, bagaimana materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas, bagaimana relevansi materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas dengan pemikiran Quraish Shihab tentang materi Pendidikan Agama Islam. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui dan mengkaji pemikiran Quraish Shihab tentang materi Pendidikan Agama Islam dan mengetahui relevansinya terhadap materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Harapan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah dapat memberikan wawasan akademik bagi para praktisi bidang Pendidikan Agama Islam khususnya yang berkaitan dengan materi Pendidikan Agama Islam, mampu menambah khasanah keilmuan tentang pemikiran Quraish Shihab tentang materi Pendidikan Agama Islam serta relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis. Media yang digunakan adalah dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi (content analisist). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas sudah relevan dengan pemikiran Quraish Shihab tentang materi Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat di lihat dari kemiripan aspek dari keduanya. Aspek-aspek yang memiliki kemiripan tersebut yaitu aspek Al-Qur’an dan Hadits, aspek Akidah dan Akhlak, dan aspek Fikih. Kata Kunci: Materi Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar, MA
Uncontrolled Keywords: Materi Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 14:01
Last Modified: 23 Oct 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum