TEN COMMANDMENTS (SEPULUH WASIAT) DALAM Q.S. AL-AN’AM AYAT 151-153 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Tafsir Al-Azhar)

RANI CAHYANINGRUM, NIM. 10411030 (2017) TEN COMMANDMENTS (SEPULUH WASIAT) DALAM Q.S. AL-AN’AM AYAT 151-153 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Tafsir Al-Azhar). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TEN COMMANDMENTS (SEPULUH WASIAT) DALAM Q.S. AL-AN’AM AYAT 151-153 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Tafsir Al-Azhar))
10411030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TEN COMMANDMENTS (SEPULUH WASIAT) DALAM Q.S. AL-AN’AM AYAT 151-153 DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Atas Tafsir Al-Azhar))
10411030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya ketimpangan moral dan karakter yang dialami oleh anak-anak jaman sekarang. Hal itu ditengarai oleh proses masuknya globalisasi yang mengakibatkan pertumbuhan anak-anak menjadi semakin tidak terkendali, sehingga mengakibatkan kenakalan di dalam kalangan mereka, seperti perkelahian, konsumsi narkotika, pencurian, hingga seks bebas. Permasalahan menjadi problem besar bagi kalangan pendidikan, terutama pendidikan agama Islam yang berkewajiban mengajar moralitas keagamaan pada diri mereka. Untuk itu diperlukan sebuah solusi agar kemerosotan tersebut dapat ditanggulangi. Salah satunya melalui penanaman nilai moral yang berpedoman pada kitab al-Qur’an dalam surat al-An’am ayat 151-153 yang berbicara mengenai sepuluh wasiat dalam pada tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka. Tafsir al-Azhar ini menjadi sebuah karya monumental dari seluruh karyanya. Dalam menafsirkan Al- Qur’an, Hamka tidak hanya semata-mata mengutip atau menukil pendapatpendapat terdahulu, tetapi juga menggunakan tinjauan dan pengalaman sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian jenis penelitian kualitatif literer, atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dalam konteks kajian teoritis yang diurai secara mendalam dengan prinsip-prinsip berpikir filosofis. Sumber-sumber data utama diambil dari buku-buku karya Hamka dan beberapa buku yang mengkaji tentang tafsir sebagai penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ten Commandments (sepuluh wasiat) yang ada dalam Q.S Al-An’am ayat 151-153 menjelaskan tentang: 1) tidak mempersekutukan Allah. 2) berbuat baik kepada kedua orang tua. 3) tidak membunuh anak-anak karena takut miskin. 4) tidak mendekati perbuatan yang keji, baik yang nampak maupun yang tersembunyi. 5) tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) melainkan dengan sesuatu sebab yang benar. 6) tidak mendekati harta anak yatim. 7) menyempurnakan takaran atau timbangan dengan adil. 8) berkata adil kepada setiap orang. 9) memenuhi janji kepada Allah. 10) mengikuti jalan Allah yang lurus. Adapun relevansinya dengan PAI yaitu, Relevansi ten commandments (sepuluh wasiat) dalam Q.S. Al-An’am ayat 151- 153 terhadap Pendidikan agam Islam (dikaitkan dengan komponen PAI), yaitu: 1) Tujuan, tujuan pendidikan agama Islam adalah untuk mengarahkan manusia agar manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, relevan dengan ten commandment (sepuluh wasiat) dalam Q.S. Al-An’am ayat 151-153. 2) Materi, Ten Commandments (sepuluh wasiat) dalam surat Al- An’am ayat 151-153 relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam yaitu dalam materi akhlak dan fiqh. Keyword. Ten Commandments, Tafsir Al-Azhar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Ten Commandments, Tafsir Al-Azhar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Oct 2017 14:05
Last Modified: 23 Oct 2017 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27646

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum