KERJASAMA ANTARA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KLATEN

NAFISAH PRADIPTA RAHMAWATI, NIM. 13410039 (2017) KERJASAMA ANTARA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KERJASAMA ANTARA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KLATEN)
13410039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (KERJASAMA ANTARA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KLATEN)
13410039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

NAFISAH PRADIPTA RAHMAWATI. Kerjasama Antara Guru Akidah Akhlak Dan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembinaan Kepribadian Peserta Didik Kelas XI Di MAN Klaten. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembinaan kepribadian peseta didik menjadi nilai penting untuk mengarahkan pribadi yang lebih baik. Setiap guru memiliki program pengajaran masing-masing dalam memperbaiki akhlak peserta didik. Banyaknya penyimpangan yang terjadi, seperti pembolosan dan keterlambatan. Mengingat hal tersebut pembinaan kepribadian peserta didik membutuhkan kerjasama yang baik antara guru satu dengan guru yang lain. Dalam kenyataannya kerjasama yang dilakukan guru kurang berkerjasama dengan baik. Realita di MAN Klaten ada saja guru yang kurang mendisiplinkan peserta didik dalam melakukan penyimpangan. Oleh karena itu, diperlukan koordinasi yang baik dalam melakukan penanganan khusus. Hal itu, dilakukan agar dapat membina kepribadian peserta didik dengan baik. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis usaha yang dilakukan guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kepribadian peserta didik, pelaksanaan dari kerjasama antara guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kepribadian peserta didik dan faktor pendukung dan penghambat dari kerjasama yang dilakukan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui bagaimana pembinaan kepribadian peserta didik di MAN Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan Triangulasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Usaha guru akidah akhlak dilakukan secara terus menerus baik ketika dalam pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Sedangkan, guru bimbingan konseling dengan penanganan khusus secara kunjungan kelas, individual bagi peserta didik, dan kunjungan ke rumah peserta didik. 2). Pelaksanaan kerjasama: guru akidah akhlak memberikan arahan melalui pendekatan keagamaan, dan guru bimbingan konseling memberi bimbingan dan arahan melalui pendekatan psikoilogi. 3) Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui kerjasama yang dilakukan guru dalam pembinaan kepribadian peserta didik. Kata kunci : Kerjasama, Pembinaan Kepribadian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kerjasama, Pembinaan Kepribadian
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Oct 2017 10:13
Last Modified: 24 Oct 2017 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum