KONTRIBUSI HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PALU 1930-1945 M

MUHAMMAD KHAIDIR RUSDAN, NIM. 11120028 (2017) KONTRIBUSI HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PALU 1930-1945 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PALU 1930-1945 M)
11120028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI HABIB IDRUS BIN SALIM ALJUFRI TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI PALU 1930-1945 M)
11120028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sebagian masyarakat Palu pada awal Abad ke-20 belum mengenal Islam secara memadai, karena banyaknya faktor penghambat yang menyebabkan pendidikan Islam di Palu kurang berkembang. Hal ini di antaranya karena pengaruh kolonial, kepercayaan Animisme dan Dinamisme di daerah setempat yang masih kental dilakukan oleh penduduk lokal. Di tengah-tengah keadaan masyarakat Palu seperti itu, hadir seorang tokoh yang berasal dari Arab, yakni Habib Idrus bin Salim Aljufri. kedatangan Habib Idrus bin Salim AlJufri di Palu adalah untuk mengembangkan pendidikan Islam di Palu diwujudkan melalui kegiatan dakwah dengan mendirikan pesantren sebagai sarana belajar dan mengajar. Adapun kehadirannya di tengah masyarakat mampu memberikan dorongan untuk melawan tekanan penjajah Belanda dan Jepang, selain itu Ia juga berperan untuk mengarahkan masyarakat Palu kepada tuntunan ajaran Islam yang benar. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan menggunakan pendekatan sosiologi untuk mengkaji bagaimana pendekatan yang dilakukan Habib Idrus bin Salim AlJufri terhadap masyarakat Palu. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsionalisme struktural yang dikemukakan Talcot Parsons, yang mengkaitkan agama dan kontrol sosial serta mengaitkan empat fungsi yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi dan pelestarian pola. Teori yang digunakan dianggap relevan dengan mencoba mengungkap persoalan terkait bagaimana peran Habib Idrus bin Salim Aljufri dalam mengembangkan pendidikan Islam serta reaksi masyaraklat Palu terhadap pembaharuan yang dilakukan oleh Habib Idrus bin Salim Aljufri . Penelitian ini merupakan penelitian literatur atau kajian perpustakaan (library research) dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode heuristik (pengumpulan data), dan wawancara. Analisis data menggunakan metode verifikasi data (kritik sumber), interpretasi (penafsiran), historiografi (penulisan sejarah). Kemudian penulis memberikan analisa pikiran dan penelitian terhadap data yang di peroleh dengan menggunakan deskritif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan kondisi umum masyarakat Palu menjelang kedatangan Habib Idrus bin Salim Aljufri dari aspek Keagamaan, budaya, dan pendidikan. Kemudian menguraikan biografi serta perjalanan panjang Habib Idrus dari Yaman, Jawa, dan terakhir Palu, hingga mendirikan lembaga Alkhairaat serta tekanan-tekanan yang dihadapi dari Penjajah Belanda dan Jepang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Maman A. Malik Sya‟roni, M. S,
Uncontrolled Keywords: Peran, Pendidikan, Habib.
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Oct 2017 09:23
Last Modified: 25 Oct 2017 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27686

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum