IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERKARAKTER BERBASIS ALAM DI SD JOGJA GREEN SCHOOL

RATNA DEWI PUSPITA, SPDI, NIM. 1520420021 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERKARAKTER BERBASIS ALAM DI SD JOGJA GREEN SCHOOL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERKARAKTER BERBASIS ALAM DI SD JOGJA GREEN SCHOOL)
1520420021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERKARAKTER BERBASIS ALAM DI SD JOGJA GREEN SCHOOL)
1520420021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah beban pendidikan karakter hanya menjadi tanggung jawab dari mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Kewarganegaraan. Yang seharusnya bisa menjadi tanggung jawab semua mata pelajaran salah satunya Ilmu Pengetahuan Alam. Proses pembelajaran tidak hanya kognitif saja yang dikembangkan melainkan ranah afektif juga harus dikembangkan. Sehingga akan menghasilkan peserta didik yang memiliki kognitif dan ranah afektif yang bagus. SD Jogja Green School telah menerapkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berkarakter berbasis alam guna mewujutkan peserta didik yang berkarakter dan memiliki kognitif yang bagus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pentingnya implementasi pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam di SD Jogja Green School, proses pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam, serta dampak pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam di SD Jogja Green School. Penelitian ini dilaksanakan di SD Jogja Green School dan merupakan penelitian lapangan bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggnakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam untuk mewujutkan visi dan misi dari SD Jogja Green School yaitu berkarakter serta memiliki kecerdasan. Sehingga diharapkan peserta didik idak hanya pandai namun memiliki karakter, (2) pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam ada tiga tahapan yaitu perencanaan yamg disebut weekly lesson plan yang terdiri dari penetapan karakter dan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dilanjutkan dengan pelaksanaan yang terdiri dari pendahuluan aktivitas pembelajaran, dan penutup, dan evaluasi secara langsung dan tidak langsung serta evaluasi dari shadow teacher, (3) dampak dari implementasi pembelajaran IPA berkarakter berbasis alam di SD Jogja Green School adalah adanya perubahan sikap dari kelas III ke kelas IV dan kelas V dalam artian karakter yang sudah di tanamkan pada kelas III akan otomatis menjadi sebuah karakter yang di terapkan oleh peserta didik dikelas IV dan kelas V sehingga memjadi sebuah pembiasaan karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 10:16
Last Modified: 25 Oct 2017 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27716

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum