DAMPAK SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

YUDEFRIZAL, NIM.13410084 (2017) DAMPAK SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SISTEM FULL DAY SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
13410084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

YUDEFRIZAL. Dampak Sistem Full Day School Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini ialah bagaimana sistem full day school dapat memberikan kontribusi terhadap prestasi siswa, yang dapat dilihat dari prestasi belajar, pendidikan karakter dan nilai keislamian, akan tetapi belum semua program full day school di sekolah manapun yang sudah maksimal melaksanakan sistem ini. Pada dasarnya full day school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta ini menjawab kegelisahan masyarakat terhadap pola pergaulan anak dan rasio keinginan yang tinggi dan juga yang melatarbelakangi penelitian ini, apakah sistem full day school ini dapat memberingkan sumbangsih buat sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa. Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana penerepan sistem full day school, prestasi belajar PAI siswa kelas VIII, dampak dari penerepan sistem ini terhadap prestasi siswa dan prolematika penerapan sistem full day school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem penerepan full day school apakah memberikan dampak bagi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) penerapan sistem full day school ini dari jam 06.30 sampai 15.45 dan didalamnya terdapat kegiatan keagamaan yang menunjang prestasi belajar Pendidikan Agama Islam bagi siswa full day school. (2) prestasi siswa dalam bidang akademik dapat dilihat prestasi raport yang langsung dinilai secara tiga domain dan presrtasi keagamaan non akademik sekolah ini sangat banyak mendapatkan penghargaan dan piala. (3) dampak dari penerapan sistem full day school ini adalah siswa lebih banyak berintegrasi dengan guru dan teman, jauh dari kenakalan remaja dan prestasi keagaamaan lebih terkontrol. Sedangkan dampak lainnya adalah siswa cepat jenuh dan guru sering kali kecapekaan. (4) problematika dalam penerepan sistem full day school adalah minimnya motivasi, materi pelajaran, dana yang dibutuhkan, siswa dan guru, sarana prasarana dan kurikulum yamg di terapkan. Kata kunci : full day school dan prestasi belajar PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: full day school dan prestasi belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:13
Last Modified: 20 Nov 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27775

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum