PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL)

DWI ANA RATNA UTAMI, NIM. 13240043 (2017) PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL))
13240043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT MUSLIM KAUMAN WIJIREJO PANDAK BANTUL))
13240043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bank Syariah hadir dalam rangka mengatasi kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat muslim. Namun, pada kenyataannya masyarakat mayoritas muslim belum mampu menunjukkan persepsi yang baik terhadap Bank Syariah. Permasalahan yang muncul antara lain adalah rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap perbankan syariah terutama yang disebabkan dominasi perbankan konvensional. Maka perlu diadakan sosialisasi dalam rangka peningkatan pemahaman masyarakat terhadap perbankan syariah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat secara simultan maupun parsial terhadap minat menabung di Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan mengambil lokasi di Kauman Pandak Bantul. Data diambil dengan kuesioner, serta didukung dengan data observasi, wawancara dan dokumentasi, penyebaran kuesioner dilakukan pada 100 masyarakat muslim di Kauman dengan teknik Simple Random Sampling. Data diolah dengan SPSS versi 24.0 for windows dengan metode analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif responden, uji asumsi prasyarat, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan variabel persepsi masyarakat tentang perbankan syariah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,175 atau 17,5% terhadap variabel minat menabung di Bank Syariah. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 0,05 artinya persepsi masyarakat tentang perbankan syariah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Hasil uji parsial (Uji t) menunjukkan bahwa nilai signifikansi knowledge of Islamic banking 0,002 0,05 artinya knowledge of Islamic Banking berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah. Sedangkan nilai signifikansi confidence in Islamic banking 0,373 0,05 artinya confidence in Islamic banking berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah dan nilai signifikansi Islamic Banking products and services 0,112 0,05 artinya Islamic Banking products and services berpengaruh secara positif tetapi tidak signifikan terhadap minat menabung di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi Masyarakat, Minat Menabung, Bank Syariah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Oct 2017 15:44
Last Modified: 25 Oct 2017 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27777

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum