Pengembangan Pendidikan Akhlak pada Masyarakat Informasi di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta

MUHAMMAD AMIRRUDIN, NIM. 13410110 (2017) Pengembangan Pendidikan Akhlak pada Masyarakat Informasi di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Pendidikan Akhlak pada Masyarakat Informasi di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta)
13410110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Pendidikan Akhlak pada Masyarakat Informasi di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta)
13410110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

MUHAMMAD AMIRRUDIN. Pengembangan Pendidikan Akhlak pada Masyarakat Informasi di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan akhlak sebagai salah satu alternatif harus bisa diterapkan dan diadaptasi di seluruh lingkungan pendidikan, baik keluarga, sekolah dan di masyarakat. Adaptasi penerapan pendidikan akhlak juga harus bisa dilaksanakan dalam masyarakat urban modern saat ini yang lebih dikenal dengan istilah masyarakat informasi. RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta mendapat sebutan sebagai “Kampung Cyber” yang artinya masyarakat RT 36 merupakan masyarakat yang native dalam pemanfaatan teknologi informasi. RT 36 Taman juga menyelenggarakan pendidikan akhlak yang dikemas dalam berbagai kegiatan seperti kegiatan TPA, Ustad keliling, dan kegiatan keagamaan yang lain. Sebuah hal menarik untuk mengkaji bagaimana pengembangan pendidikan akhlak yang dilaksanakan di RT 36 Taman sebagai representasi dari masyarakat informasi. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan akhlak di RT 36 Taman sebagai representasi masyarakat informasi. Kedua, untuk mengetahui dimensi pengembangan pendidikan akhlak di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta. Ketiga, untuk mengetahui hasil pengembangan pendidikan akhlak di RT 36 Taman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian diskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian antropologi. Pemilihan subjek penelitian menggunakan model snowball. Demi didapatkan data yang komperehensif pengumpulan data dilakukan dengan metode personal’s life history, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis diskriptif yaitu melalui data reduction, kemudian data display dan terakhir conclution draw/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendidikan akhlak di RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta melalui pendidikan akhlak di keluarga, pendidikan akhlak melalui program Taman Pendidikan Al-Qur’an, Qur’an for Teens, Ustad Keliling, pengajian rutin mingguan dan Khutbah Jum’at. (2) Dimensi pengembangan pendidikan akhlak RT 36 Taman Patehan Kraton Yogyakarta adalah menyasar aspek Foundational Problems, Structural Problems dan Operational Problems. (3) Hasil penelitian? Kata Kunci: Masyarakat Informasi, Pendidikan Akhlak, Pengembangan Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Masyarakat Informasi, Pendidikan Akhlak, Pengembangan Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:13
Last Modified: 20 Nov 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27843

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum