STRATEGI PEMASARAN KREATIF SYAKAA ORGANIZER BANTUL YOGYAKARTA 2016 - 2017

WAHYU NAYIF MUHYIDIN, NIM. 13240084 (2017) STRATEGI PEMASARAN KREATIF SYAKAA ORGANIZER BANTUL YOGYAKARTA 2016 - 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN KREATIF SYAKAA ORGANIZER BANTUL YOGYAKARTA 2016 - 2017)
13240084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN KREATIF SYAKAA ORGANIZER BANTUL YOGYAKARTA 2016 - 2017)
13240084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran masih menjadi kunci utama setiap perusahaan dalam memperkenalkan produknya terutama bagi perusahaan jasa event organizer. Perusahaan jasa event organizer dianggap sukses dalam penyelengaraan event apabila berhasil mendatangkan banyak pengunjung dalam penyelengaraan event, maka strategi pemasaran dalam event organizer yang menjadi kunci kesuksesan dalam penyelengaraan event melalui berbagai media pemasaran seperti media cetak, sosial media, dan media massa. Syakaa Organizer adalah program yang berada dibawah CV Syakaa Grup Copmany yang bergerak pada bidang event organizer, Syakaa Organizer merupakan penyelengaraan event islami, adapun event yang rutin diselengarakan adalah: Islamic Book Fair (IBF), Islamic Fashion Fair (IFF), dan Islamic Fair (IF). Penelitian yang dilakukan peneliti, bertujuan untuk mengetahui bagaimana perumusan strategi pemasaran kreatif yang dilakukan oleh Syakaa Organizer. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data promer dan sekuder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah dengan analisi data model miles dan huberman. Hasil penelitian yang didapat menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Syakaa Organizer melalui media sosial, flayer, baliho, dan rontek. Penyebaran informasi event yang dilakukan tim promo sebagai puasat kreatifitas dalam mendatangkan pengunjung, terbukti menghasilkan para pengunjung setia datang ke event. Akan tetapi untuk mendatangkan pengunjung baru masih sangat sedikit karena ada beberapa media milik Syakaa Organizer masih kurang optimal dalam penyebaran informasi event. Isi acara yang dihadirkan, sudah memiliki segmen pasar tersendiri dalam setiap penyelengaraan eventnya seperti kajian keislaman meiliki peran utama dalam setiap event yang diselengarakan sekaligus pembeda dengan event organizer pada umumnya, Kemudian lomba anak yang berperan untuk melatih keterampilan anak dan sarana liburan bagi keluarga, dan terakhir adalah hiburan pada pameran yang memberikan suasana santai ketika pengunjung datang ke pameran. Penyelengaraan event secara islami oleh Syakaa Organizer sudah profesional, namun dalam hal manajemen kelembagaa Syakaa Organizer masih terdapat kekurangan seperti belum adanya dokumen terulis mengenai profil lembaga dan masih terdapat dobel job dalam CV Syakaa Grup Company sehingga beberpa program yang ada masih belum efektif dalam pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Event Organizer, Syakaa Organizer
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Oct 2017 11:13
Last Modified: 26 Oct 2017 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27848

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum