LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN ETOS KERJA ISLAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

ANGGI JATMIKO, NIM. 1520310061 (2017) LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN ETOS KERJA ISLAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN ETOS KERJA ISLAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
1520310061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIER DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN ETOS KERJA ISLAMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
1520310061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ANGGI JATMIKO, Layanan Bimbingan Karier Dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan dan Etos Kerja Islami Santri di Pondok Pesantren Terpadu Al- Mumtaz Gunungkidul Yogyakarta: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Jurusan Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang berorientasi bertahan hidup dengan mengandalkan mencari pekerjaan, sehingga tidak seimbang antara lowongan pekerjaan dengan jumlah pencari kerja. Untuk menjawab fenomena ini, munculnya program pendidikan yang bertujuan untuk melahirkan para pengusaha melalui pemberian bekal keterampilan, menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan etos kerja. Salah satunya adalah program bimbingan karier di PPT Al-Mumtaz yang bercita-cita mencetak para pengusaha muslim. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mendeskripsikan bagaimana proses layanan bimbingan karier, apa dampaknya dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan etos kerja Islami, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok, koordinator bidang kewirausahaan, dan santri pondok pesantren terpadu Al-Mumtaz. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah layanan bimbingan karier di pondok pesantren terpadu Al-Mumtaz dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan etos kerja Islami santri. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, proses layanan bimbingan karier di PPT Al-Mumtaz mulai dari penguatan mindset santri akan pentingnya meningkatkan ekonomi umat, sampai program pondok yang memang bertujuan untuk menumbuhkan etos kerja, seperti melalui MKDU mencangkul dan langsung praktik kewirausahaan. Kedua, dampak dari layanan bimbingan karier dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan adalah meningkatnya ketakwaan, tawakal, dan rasa bersyukur kepada Allah SWT, tumbuhnya motivasi dari santri untuk menjadi pengusaha, lurusnya niat bekerja untuk ibadah, meningkatnya ilmu dan keterampilan, tumbuhnya nilai kejujuran, pandai membangun kerja sama, serta semangat melaksanakan puasa, salat sunah dan salat malam. Sedangkan dampak dalam menumbuhkan etos kerja Islami adalah memahami bahwa kerja merupakan penjabaran akidah, bekerja atas dasar ilmu, dan bekerja dengan meneladani sifatsifat Ilahi serta mengikuti petunjuk-petunjuk-Nya. Ketiga, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan karier ini, di antara faktor pendukungnya adalah kegiatan fokus dan terjadwal serta SDM yang masih muda. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dari latar belakang santri sendiri yang terkadang masih kurang termotivasi dan dari gurunya yang integritasnya masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sriharini, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karier, Jiwa Kewirausahaan, Etos Kerja Islami
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:20
Last Modified: 27 Oct 2017 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27889

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum