LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)

SURYADI, NIM. 1520310065 (2017) LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA))
1520310065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING BELAJAR UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BOARDING SCHOOL (STUDI KASUS SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA))
1520310065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh penulis, bahwasanya di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta terdapat beberapa siswa yang teridentifikasi mengalami perilaku prokrastinasi akademik. Masa remaja yang merupakan masa labil masih terbatasnya pengalaman utuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Menuntut masih memerlukan bantuan orang lain dalam bentuk bimbingan dan konseling dalam membantu siswa agar tidak melakukan kembali prokrastinasi akademik yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. dari gambaran permasalahan diatas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk prokrastinasi akademik siswa, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik siswa dan layanan bimbingan dan konseling belajar dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif sebagaimana adanya (natural setting). Penelitian ini dilakukan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling serta siswa yang teridentifikasi perlaku prokrastinasi akademik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Miles and Hibermas yang mencakup reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Adapun dalam mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat bentuk prokrastinasi akademik siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, yaitu: (1) Tidak cocok dengan guru/lingkungan, (2) menggantungkan tugas pada teman, (3) keterlambatan dalam mengerjakan tugas, (4) irrational believe. Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling belajar dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta meliputi layanan dasar berfungsi sebagai layanan preventif dan pemeliharaan, layanan responsif berfungsi sebagai layanan kuratif yang spesifik digunakan dalam mereduksi prokrastinasi akademik siswa. Serta hasil penelitian ini ditujukan kepada siswa, orang tua dan guru agar kedepannya menjadi lebih baik daam manajemen waktu, gaya mengajar dan pola asuh yang benar, demi prestasi anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Suyadi, MA
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan Konseling Belajar, Prokrastinasi Akademik
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:58
Last Modified: 27 Oct 2017 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum