PEMIKIRAN EMHA AINUN NADJIB TERHADAP ISU-ISU POLITIK KEBANGSAAN AKTUAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TERHADAP AKSI 212, FENOMENA PENOLAKAN PEMIMPIN NON-MUSLIM DAN WACANA KRIMINALISASI ULAMA)

MUH AINUN NAJIB, NIM. 1520310069 (2017) PEMIKIRAN EMHA AINUN NADJIB TERHADAP ISU-ISU POLITIK KEBANGSAAN AKTUAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TERHADAP AKSI 212, FENOMENA PENOLAKAN PEMIMPIN NON-MUSLIM DAN WACANA KRIMINALISASI ULAMA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN EMHA AINUN NADJIB TERHADAP ISU-ISU POLITIK KEBANGSAAN AKTUAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TERHADAP AKSI 212, FENOMENA PENOLAKAN PEMIMPIN NON-MUSLIM DAN WACANA KRIMINALISASI ULAMA))
1520310069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN EMHA AINUN NADJIB TERHADAP ISU-ISU POLITIK KEBANGSAAN AKTUAL DI INDONESIA (STUDI ANALISIS TERHADAP AKSI 212, FENOMENA PENOLAKAN PEMIMPIN NON-MUSLIM DAN WACANA KRIMINALISASI ULAMA))
1520310069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

Salah satu pemikir kritis di Indonesia adalah Emha Ainun Nadjib atau yang biasa disapa sebagai Cak Nun. Emha Ainun Nadjib dikenal sebagai seorang pemikir yang kritis akan sebuah fakta sosial yang ada, khususnya terhadap isu-isu politik kebangsaan yang aktual di Indonesia. Belakangan ini seringkali terjadi fenomena-fenomena dan gejolak-gejolak politik yang membuat dunia perpolitikan Indonesia panas. Seperti adanya fenomena penolakan pemimpin non-Muslim, fenomena aksi bela Islam dan juga wacana Kriminalisasi terhadap ulama dan lain sebagainya. Menariknya disini, dari beberapa bentuk pemikiran politik Emha Ainun Nadjib tetap menjadikannya sebagai seorang pemikir yang moderat dan tidak tertarik dalam lingkaran kekuasaan yang ada. Hal ini bisa dibuktikan bahwa selama ini Emha Ainun Nadjib tidak pernah meduduki jabatan tertentu pada suatu instansi negara. Selain ini, bentuk pemikirannya juga disukai oleh banyak kalangan, terbukti dari pengikutnya yang banyak. Oleh karena itu perlu diketahui bentuk pemikiran politik Emha Ainun Nadjib terhadap isu-isu politik kebangsaan di Indonesia seperti apa, dan juga nilai-nilai apa yang melatar belakangi dibalik bentuk pemikirannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Lapangan (Field research), yaitu mengumpulkan data dengan cara melakukan pengamatan terhadap kegiatan maiyah mocopat syafa‟at dan kajian-kajian lain yang dimilikinya. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Deskriptif berarti menggambarkan bentuk pemikiran politik Emha Ainun Nadjib terhadap isu-isu politik kebangsaan aktual di Indonesai baik berkaitan dengan masalah aksi bela agama, fenomena pemimpin non muslim maupun wacana kriminalisasi ulama. Analisis berarti melakukan analisis terhadap pemikiran politik Emha Ainun Nadjib terhadap isu-isu politik kebangsaan tersebut dengan menggunakan teori Analisis Wacana Kritis, sehingga dapat diketahui teks dan konteks dari pemikiran politik tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan beberapa bentuk pemikiran politik Emha Ainun Nadjib terhadap isu-isu politik kebangsaan aktual di Indonesia, ia cenderung independen, moderat dan tidak ikut terseret kedalam praktek politik kekuasaan. Karena dalam pemikiran politik Emha Ainun Nadjib menjunjung tinggi universalisme dan toleran. Hal tersebut dikarenakan Indonesia sebagai negara yang jama‟ dan plural. Selain itu dalam setiap pemikiran politik Emha Ainun Nadjib juga mengandung nilai-nilai seperti humanis, religius, keadilan, persamaan dan kesatuan, yang mana hal tersebut sangat penting bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subaidi, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Politik, Isu-isu Politik , Emha Ainun Nadjib
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Oct 2017 10:58
Last Modified: 27 Oct 2017 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum