PENDIDIKAN SENI RUPA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IMAJINASI KREATIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKARRAHARJA TALAGA MAJALENGKA JAWA BARAT

LITA, NIM. 1520431011 (2017) PENDIDIKAN SENI RUPA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IMAJINASI KREATIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKARRAHARJA TALAGA MAJALENGKA JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN SENI RUPA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IMAJINASI KREATIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKARRAHARJA TALAGA MAJALENGKA JAWA BARAT)
1520431011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN SENI RUPA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP IMAJINASI KREATIF DAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK MEKARRAHARJA TALAGA MAJALENGKA JAWA BARAT)
1520431011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan seni pada umumnya meliputi seni rupa, seni musik, seni tari dan seni drama (seni teater). Sejak lama seni telah diasumsikan memiliki peranan penting untuk menghasilkan warga masyarakat yang baik, tambahan bagi program akademik, program khusus bagi anak-anak berbakat, atau kegiatan ekstrakurikuler. Seni rupa merupakan realisasi imajinasi yang tanpa batas. Seni mengungkapkan perasaan dan emosi anak dengan cara yang aman. Anak belajar mengendalikan emosinya dan mengetahui bahwa dirinya bisa mengungkapkan dan menangani perasaan yang positif maupun yang negatif lewat tindakan positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain pembelajaran seni rupa dalam mengembangkan imajinasi kreatif dan sosial emosional anak usia dini, bagaimana implikasi pendidikan seni rupa terhadap imajinasi kreatif anak usia dini, dan bagaimana implikasi pendidikan seni rupa terhadap sosial emosional anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data tersebut dianalisis dengan mereduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu, bahwa proses pembelajaran seni rupa terlihat dalam : 1) Desain pembelajaran yang meliputi : a) Tujuan, yaitu untuk mengusahakan pendidikan anak seutuhnya dan memenuhi kebutuhannya. b) Materi pembelajaran, ada beberapa jenis kegiatan seni rupa yang dapat diberikan pada anak usia dini diantaranya adalah menggambar, melukis, menjiplak, mencap, kolase, menempel, menciprat, melipat, membentuk, menggunting, menjahit, mencocok, meronce, membatik. c) Metode, metode yang digunakan adalah metode bermain dan metode demonstrasi. d) Sarana dan prasarana cukup memadai untuk mendukung kelancaran pembelajaran seni rupa. e) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran seni rupa adalah evaluasi proses, hasil karya, dan portofolio. f) Kondisi sosial dan budaya sangat mendukung anak dalam pengembangan imajinasi kreatif dan sosial emosional anak melalui seni rupa. g) Faktor pendukungnya adalah media untuk pembelajaran seni rupa mudah didapat, sedangkan faktor penghambatnya yaitu tidak tersedianya ruang khusus untuk pembelajaran seni rupa. 2) Implikasi pendidikan seni rupa terhadap perkembangan imajinasi kreatif anak berkembang sesuai harapan, ini terlihat dari ide-ide dan gagasan anak yang tertuang dalam karyanya yang dinilai dari unsur-unsur seni rupa, seperti : garis, bentuk, nilai, volume, susunan, warna, kontras dan harmonis. 3) Sosial emosional anak berkembang sesuai harapan, anak bebas dalam mengekspresikan perasaannya melalui berbagai media seni rupa, anak merasa senang dan begitu antusias dan percaya diri ketika beraktivitas seni rupa. Kata Kunci : pendidikan seni rupa, imajinasi kreatif, sosial emosional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abdurrahman Assegaf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan seni rupa, imajinasi kreatif, sosial emosional
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudlotul Athfal (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:56
Last Modified: 30 Oct 2017 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum