LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER) DALAM PANDANGAN PENDIDIK MUSLIM (Study Analisis Terhadap Pandangan 6 Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Riski Andri Pramudya, NIM.13410140 (2017) LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER) DALAM PANDANGAN PENDIDIK MUSLIM (Study Analisis Terhadap Pandangan 6 Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER) DALAM PANDANGAN PENDIDIK MUSLIM (Study Analisis Terhadap Pandangan 6 Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta))
13410140_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (LGBT (LESBIAN, GAY, BISEKSUAL, DAN TRANSGENDER) DALAM PANDANGAN PENDIDIK MUSLIM (Study Analisis Terhadap Pandangan 6 Dosen Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiah Dan Keguruan Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta))
13410140_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

RISKI ANDRI PRAMUDYA. LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) Dalam Pandangan Pendidik Muslim (Study Analisis Terhadap Pandangan Dosen-Dosen Juruan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa munculnya fenomena LGBT menimbulkan polemik ditengah-tengah masyakat. Masalah LGBT sudah semakin meluas sehingga menjadi pembicaraan disemua kalangan tak terkecuali dilingkungan akademik. Disisi lain, pendidikan dinilai sebagai sebuah solusi untuk permasalahan-permasalahan yang teIjadi di masyarakat tak terkecuali masalah LGBT ini. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tanggung jawab moral terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat harns memiliki pandangannya sendiri berkaitan dengan isu tersebut. Pendidik atau dosen sebagai ujung tombak dalam pendidikan memiliki peran besar dalam mempengaruhi perkembangan dalam lingkungan masyarakat, oleh karen a itulah berbagai pandangan-pandangan yang dimiliki oleh para pendidik akan mempengaruhi berbagai macam solusi untuk segala permasalahan yang ada. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pandangan dosen-dosen PAl terhadap LGBT dan bagalmanakah upaya solusi terhadap LGBT melalui Pendidikan Agama Islam menurut dosen-dosen PAL Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dosen-dosen Pendidikan Agama Islam terhadap LGBT dan untuk mengetahui upaya solusi terhadap LGBT melalui Pendidikan Agama Islam menurut dosendosen PAl Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitain lapangan. J enis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakuk~n' dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan teknik keabsahan data dan member check. Hasil penelitian menunjukkan: (l )LGBT merupakan sebuah bentuk penyimpangan seksual dan juga penyelewengan terhadap aturan agama. Namun demikian, terhadap pelaku LGBT tidak boleh ada bentuk kekerasan dan diskriminasi. Hak-hak mereka sebagai warga negara dan bagian dari masyarakat harus tetap dihargai. (2) latar belakang pendidikan dosen mempengaruhi pandangannya dalam melihat permasalahan LGBT (3) upaya prefentif LGBT adalah dengan menanamkan nilai-nilai noral dan agama sejak dini. Kata Kunci: LGBT, Lesbian, Gay, Biseksual, Transgenderi, Pendidik, Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam Siregar M.A
Uncontrolled Keywords: LGBT, Lesbian, Gay, Biseksual, Transgenderi, Pendidik, Muslim.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:05
Last Modified: 30 Oct 2017 08:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27907

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum