UPAYA GURU PAI DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI SOSIAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA

Catur Prastyo, NIM:13410143 (2017) UPAYA GURU PAI DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI SOSIAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI SOSIAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA)
13410143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI SOSIAL RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMP NEGERI 3 KALASAN YOGYAKARTA)
13410143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

CATUR PRASTYO, Upaya Guru PAI Dalam Membangun Nilai-Nilai Sosial Religius Pada Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 3 Kalasan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa saat ini banyak sekali pemberitaan yang memberitakan tentang rendahnya tingkat nilai moral dan nilai sosial peserta didik di lingkunga sekolah terutama remaja. Tindakan yang dimaksud seperti: tawuran antar pelajar, geng motor, minum minuman keras, pembunuhan dan tindakan asusila. Oleh sebab itu guru PAI di SMP Negeri 3 Kalasan mulai membiasakan kegiatan-kegiatan yang berguna untuk meningkatkan nilai-nilai sosial religius peserta didik. Diantaranya dengan mengajak peserta didik shalat berjamaah ataupun shalat dhuha. Tidak hanya itu ada pula kegiatan seperti tadarus dan bersalaman untuk meningkatkan sosialisasi anatar guru dan peserta didik. Melalui kegiatan tersebut peserta didik di SMP Negeri 3 Kalasan mulai menyadari pentingnya nilai sosial religius. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang SMP Negeri 3 Kalasan. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI, karyawan dan peserta didik kelas IX. Pengumpulan data observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan dengan tehnik triangulasi, serta menganalisis dan menginterpretasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu mengolah data dengan melaporkan apa yang diperoleh dalam peelitian dengan cermat dan teliti, serta memeberikan interpretasi terhadap data kedalam suatu kebulatan arti yang utuh dengan menggunakan kata-kata sehingga dapat mengambarkan objek penelitian saat penelitian ini dilakukan atau dengan kata lain penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data. Dalam penelitian tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam membangun nilai-nilai sosial religius pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Kalasan Yogyakata dapat disimpulkan bahwa: (1) proses membangun nilai-nilai sosial religius dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas. Proses membanun nilai yang dilakukan di dalam kelas yaitu dengan megajarkan contoh keteladanan, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, rasa malu dan sopan santun. Proses membangun nilai yang dilakukan di luar kelas yaitu dengan tadarus setiap pagi, bersalaman dengan guru, shalat berjamaah, shalat dhuha, shalat jumat, dan pengumpulan infak. (2) faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru PAI dalam membangun nilai-nilai sosial religius pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 3 Kalasan yaitu: faktor pendukungnya dukungan dari sekolah, dari guru lain dan lingkungan sekolah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya campurtangan keluarga, lingkungan yang kurang baik dan pengaruh media social.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: campurtangan keluarga, lingkungan yang kurang baik dan pengaruh media social.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:11
Last Modified: 30 Oct 2017 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum