DAMPAK PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP PENGUASAAN MATERI AGAMA DAN PENYELESAIAN STUDI PERGURUAN TINGGI (Studi terhadap Mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)

Muhammad Fuad Hasan, NIM:13410150 (2017) DAMPAK PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP PENGUASAAN MATERI AGAMA DAN PENYELESAIAN STUDI PERGURUAN TINGGI (Studi terhadap Mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP PENGUASAAN MATERI AGAMA DAN PENYELESAIAN STUDI PERGURUAN TINGGI (Studi terhadap Mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta))
13410150_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAMPAK PENDIDIKAN MADRASAH DINIYAH TERHADAP PENGUASAAN MATERI AGAMA DAN PENYELESAIAN STUDI PERGURUAN TINGGI (Studi terhadap Mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta))
13410150_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD FUAD HASAN, Dampak Pendidikan Madrasah Diniyah Terhadap Penguasaan Materi Agama dan Penyelesaian Studi Perguruan Tinggi (Studi terhadap Mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta), 2017. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya santri mahasiswa mengikuti pendidikan madrasah diniyah yang berdampak pada penguasaan materi agama dan penyelesaian studi perguruan tinggi. Hal ini akan berdampak pada santri mahasiswa yang mengikuti pendidikan madrasah diniyah. Ditambah lagi dengan banyaknya tugas atau kegiatan baik dari kampus dan pondok yang diterima oleh santri mahasiswa. Secara logika apabila seseorang mengikuti pendidikan madrasah diniyah berkewajiban menyelesaikan tugas atau kegiatan baik dari kampus atau madrasah diniyah, sehingga santri mahasiswa didorong untuk mampu mengatur waktunya agar tugas atau kegiatan baik dari kampus atau madrasah diniyah berjalan beriringan dan selesai tanpa ada masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek pendidikan madrasah diniyah di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan dari pengumpulan data yang diperoleh dan memberikan makna kesimpulan untuk menyusun hasil karya terkait dengan penguasaan materi agama dan penyelesaian studi perguruan tinggi melalui studi terhadap mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sudah sesuai dengan kurikulum yang ada. Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede dibagi dengan berjenjang, seperti: tingkat Awaliyah, tingkat Wustho dan tingkat „Ulya. Kegiatan Madrasah diniyah Nurul Ummah meliputi: sorogan, bandongan, musyawarah, lalaran dan kegiatan Musabaqah Qiro‟atul Kutub (MQK). Evaluasi Madrasah Diniyah Nurul Ummah bertujuan mengukur kemampuan santri selama ini. Evaluasi MDNU kepada santri, seperti: tugas atau ulangan harian, ujian semester, baca kitab kuning, ujian munaqosyah, dan hafalan al-Qur‟an. (2) Dampak pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Ummah terhadap penguasaan materi agama bagi mahasiswa PAI menambah khazanah keilmuan mahasiswa PAI khususnya dibidang agama dan membantu mahasiswa dalam pendidikan, baik saat ujian atau presentasi. (3) Dampak pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Ummah terhadap penyelesaian studi perguruan tinggi bagi mahasiwa PAI (1) Dalam bidang pendidikan dan pengajaran: menambah keilmuwan santri dibidang ilmu agama. (2) Dalam penelitian dan pengembangan: data mudah didapat, menjadi hiburan, dan memudahkan mencari referensi berbahasa arab. (3) Dalam pengabdian masyarakat: siap secara materi dan melatih mental santri mahasiswa. Sedangkan dampak negatifnya kesulitan dalam mengatur waktu. Kata Kunci: Pendidikan Madrasah Diniyah, Penguasaan Materi Agama, Penyelesaian Stud

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah. M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Madrasah Diniyah, Penguasaan Materi Agama, Penyelesaian Stud
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 08:14
Last Modified: 30 Oct 2017 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum