IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DAN NON-VERBAL PADA PERBEDAAN GENDER DI MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

MAHDI, SPDI, NIM. 1520310112 (2017) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DAN NON-VERBAL PADA PERBEDAAN GENDER DI MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DAN NON-VERBAL PADA PERBEDAAN GENDER DI MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
1520310112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING VERBAL DAN NON-VERBAL PADA PERBEDAAN GENDER DI MTSN SLEMAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA)
1520310112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mahdi, Implementasi Layanan Konseling Individual Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Pada Perbedaan Gender di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo Yogyakarta. Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Program Studi Interdiciplinary Islamic Studies UIN Sunan Kalijaga 2017. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa terdapat sejumlah siswa yang mengalami perlakuan bullying pada lawan jenis di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo. Siswa yang melakukan bullying kepada lawan jenisnya, konseling individual sangat tepat dan lebih efektif untuk mengatasi perilaku bullying tersebut , karena konseling individual layanan langsung tatap muka cara penyelesaiannya lebih mendalam. Oleh karena itu peneliti memiliki fokus penelitian pada implementasi layanan konseling individual untuk mengatasi perilaku bullying pada pebedaan gender, dan jenis-jenis bullying pada lawan jenis. Jenis Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru BK, kepala madrasah, dan 3 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubberman dengan validitas data triangulasi. Hasil penerapan layanan konseling individual menunjukan bahwa adanya perubahan pada pola pikir dan tingkah laku siswa, serta adanya perubahan pemahaman tentang dunia sekitarnya. Dengan layanan konseling individual yang diberikan oleh guru BK konseli lebih menghargai teman-temannya dan menjadi pribadi yang lebih baik. Tahap-tahap konseling individual yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi, tahap tindak lanjut, dan tahap laporan. Kemudian jenis bullying pada perbedaan gender yang dilakukan siswa-siswi di MTs Negeri Sleman Maguwoharjo adalah 1) Laki-laki, jenis bullying yang dilakukan oleh siswa laki-laki kepada siswi perempuan adalah a) Bullying fisik, yang meliputi Mendorong, mengancam, memalak, menendang, memegang bokong, dada, menarik jilbab, mencolek, merusak properti teman, dan mengaganggu teman waktu belajar. b) Bullying verbal, yang meliputi mengejek, berkata-kata kotor dan memanggil teman dengan nama orang tua. 2) Perempuan, jenis yang dilakukan oleh siswa perempuan kepada siswa laki-laki hanya tipologi bullying verbal saja yaitu yang meliputi memanggil teman dengan nama orang tua, menyindir, berkata-kata kotor, dan mengejek.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa`adah, S.Psi., M.si., P.si
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual, Bullying, Perbedaan Gender
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:50
Last Modified: 30 Oct 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum