IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PRAKTIK BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN ALHAKIM YOGYAKARTA

AZHARI, SSOSI, NIM. 1520310124 (2017) IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PRAKTIK BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN ALHAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PRAKTIK BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN ALHAKIM YOGYAKARTA)
1520310124_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSELING KELOMPOK DALAM MENGATASI PRAKTIK BULLYING PADA PESERTA DIDIK DI SDIT LUQMAN ALHAKIM YOGYAKARTA)
1520310124_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada kendala-kendala dan implementasi konseling kelompok dalam mengatasi praktik bullying pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konseling kelompok sebagai upaya penyelesaian masalahan bullying pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif untuk menggambarkan dan melihat dari perspektif pokok di tengah-tengah obyek penelitian di lapangan, menguraikan pandangan berpikir yang menekankan pada fokus pengalaman subjektif melalui kutipan-kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan, diantaranya observasi, naskah wawancara, catatan lapangan, foto, memo, dan dokumen lainnya. Metode analisis data yaitu analisis sebelum di lapangan dan analisis data di lapangan dengan menggunakan langkah-langkah Miles dan Huberman seperti reduction data (reduksi data), display data (penyajian data) dan verifikasi data (kesimpulan). Dari hasil temuan di implementasi konseling kelompok dalam mengatasi praktik bullying dikemas dalam empat sesi yaitu: Sesi I pembentukan kelompok. Sesi II peralihan, tujuannya agar terjadi umpan balik, kedekatan emosional antara peserta didik dengan konselor serta proses identifikasi masalah yang dihadapi peserta didik. Sesi III kegiatan berisi model materi diantaranya: model konseling kelompok berbasis pendekatan persuasif, model konseling kelompok berbasis pendekatan klasikal, model konseling berbasis pendekatan sosial, model konseling kelompok berbasis pendekatan islami. Sesi IV penutup. Tujuan ecara umum implementasi konseling kelompok untuk mengembalikan hubungan pikiran dan perasaan yang negatif kepada hubungan pikiran dan perasaan yang positif sehingga ketika selanjutnya berhadapan dengan masalah peserta didik mampu menemukan alternatifalternatif positif dalam pencapaian jalan keluar. Kendala yang dihadapi diantaranya kendala internal peserta didik dan kendala internal konselor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Bullying
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 09:59
Last Modified: 30 Oct 2017 09:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27930

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum