PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS, DAN INDEPENDENSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARI’AH DAN PENERAPAN KEPATUHAN SYARI’AH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH DI YOGYAKARTA

SRI RAHMAWATI, SEI, NIM. 1520311031 (2017) PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS, DAN INDEPENDENSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARI’AH DAN PENERAPAN KEPATUHAN SYARI’AH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH DI YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS, DAN INDEPENDENSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARI’AH DAN PENERAPAN KEPATUHAN SYARI’AH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH DI YOGYAKARTA)
1520311031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KOMPETENSI, INTEGRITAS, DAN INDEPENDENSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARI’AH DAN PENERAPAN KEPATUHAN SYARI’AH PADA BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH DI YOGYAKARTA)
1520311031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai latar belakang dengan bertambah pesatnya pertumbuhan perbankan syari’ah, maka kebutuhan akan Dewan Pengawas Syari’ah semakin bertambah, banyak dari mereka yang merangkap jabatan dan adanya isu-isu terkait independensi dan kompetensi dari Dewan Pengawas Syari’ah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa belum optimalnya dan kurang efektifnya peran Dewan Pengawas Syari’ah disebabkan perbedaan antara teori dan praktik dari peran Dewan Pengawas Syari’ah yang berdampak pada penerapan kepatuhan syari’ah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi, integritas, dan independensi terhadap efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syari’ah dan penerapan Kepatuhan Syari’ah pada BPRS di Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori agensi dan syari’ah governance, dan juga mengacu pada Peraturan Bank Indonesia dan Surat Edaran Bank Indonesia tentang pedoman pelaksanaan tugas Dewan Pengawas Syari’ah. Data dikumpulkan menggunakan teknik survei dengan penyebaran kuisioner kepada 57 orang responden menggunakan skala Likert dengan metode purposive sampling. Responden dalm penelitian ini adalah staf/karyawan di empat BPRS, yaitu BPRS Bangun Drajat Warga, BPRS Barokah Dana Sejahtera, BPRS Margirizki Bahagia dan BPRS Unisia Insan Indonesia. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi kanonikal melalui fasilitas IBM statistik SPSS 20. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi dan independensi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syari’ah, akan tetapi integritas tidak berpengaruh positif signifikan terhadap efektivitas pengawasan Dewan Pengawas Syari’ah. Begitu juga kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Kepatuhan Syari’ah, sedangkan integritas dan independensi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerapan Kepatuhan Syari’ah pada BPRS di Yogyakarta. Kontribusi penelitian ini adalah diharapkan lebih selekstif dalam mengangkat Dewan Pengawas Syari’ah dengan mempertimbangkan kompetensi dari DPS, Selain itu juga harus memperhatikan independensi dari Dewan Pengawas Syari’ah, karena independensi yang tinggi akan berpengaruh terhadap efektivitas pengawasan dan penerapan kepatuhan syari’ah. Diharapkan Otoritas Jasa Keuangan segera memperbarui regulasi tentang Dewan Pengawas Syari’ah, baik pedoman tugas pengawasannya dan hal-hal yang terkait dengan isu-isu tentang Dewan Pengawas Syari’ah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Qizam, M.Si
Uncontrolled Keywords: GCG, Dewan Pengawas Syari’ah, Kepatuhan Syari’ah
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Oct 2017 10:16
Last Modified: 30 Oct 2017 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum