IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO PURWOREJO JAWA TENGAH

Irfan Firmansyah, NIM. 13410173 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO PURWOREJO JAWA TENGAH)
13410173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJO PURWOREJO JAWA TENGAH)
13410173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

IRFAN FIRMANSYAH. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017. Skripsi ini membahas Implementasi Pendidikan Agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam bagi nara pidana Anak. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam UU nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Anak, bahwa anak binaan Lapas berhak mendapatkan Pendidikan dan pelatihan selama tinggal di dalam Lapas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: a. Bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo? b. Bagaimana Pengaruh Pemberian PAI terhadap akhlak Anak didik ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Lapas Anak Kutoarjo. Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret Implementasi Pendidikan Agama Islam. data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan Agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo bertujuan memperbaiki akhlak anak didik (anak binaan Lapas) agar mereka kembali menjadi insan muslim yang dapat memahami dan mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum proses pembelajaran tutor membuat rencanaan pembelajaran yaitu berupa RPP. Proses pembelajaran tutor memberikan materi yang meliputi Al-Qur’an, akhlak, Ibadah dan tarikh, namun lebih ditekankan pada materi akhlak. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Agama Islam di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo meliputi: metode ceramah/cerita, metode tanya jawab, metode hafalan, dan metode resitasi/pemberian tugas. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo memiliki perbedaan dengan pembelajaran PAI di lembaga formal. Pada sekolah formal pemeblajaran lebih menekankan pada kemampuan akademik peserta didik sedangkan pembelajaran di Lapas Anak Kutoarjo lebih menekankan pada materi Akhlak hal ini dikarenakan latar belakang anak didik di Lapas yang lebih membutuhkan materi akhlak untuk membenahi akhlak anak didik. Jadi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Lapas Anak Kutoarjo lebih fleksibel, sebagai substansi pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat Kata Kunci : Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:15
Last Modified: 20 Nov 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27965

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum