PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MENGGUNAKAN FUZZY RUSSELL’S METHOD DAN UJI OPTIMASI FUZZY STEPPING STONE

SATRIO WIDODO, NIM.13610051 (2017) PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MENGGUNAKAN FUZZY RUSSELL’S METHOD DAN UJI OPTIMASI FUZZY STEPPING STONE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MENGGUNAKAN FUZZY RUSSELL’S METHOD DAN UJI OPTIMASI FUZZY STEPPING STONE)
13610051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN MASALAH TRANSPORTASI FUZZY MENGGUNAKAN FUZZY RUSSELL’S METHOD DAN UJI OPTIMASI FUZZY STEPPING STONE)
13610051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masalah transportasi merupakan masalah penentuan cara atau solusi terbaik agar sebuah perusahaan dapat melakukan kegiatan transportasi ke tempat tujuan dengan biaya operasional yang dikeluarkan optimal. Pada masalah transportasi biasa (konvensional), diasumsikan bahwa pembuat keputusan dapat mengetahui nilai estimasi untuk seluruh parameter yang meliputi biaya, jumlah penawaran dan jumlah permintaan secara tepat (presisi) dalam bentuk bilangan real. Penerapan konsep ketidakpastian pada masalah transportasi, menyebabkan terjadinya perubahan pada bentuk estimasi nilai yang selanjutnya dapat diformulasikan ke dalam bilangan fuzzy. Masalah transportasi yang mengadopsi konsep ketidakpastian dalam proses pengestimasian nilai untuk seluruh parameternya ini disebut dengan masalah transportasi fuzzy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara model masalah transportasi biasa (konvensional) dan model masalah transportasi fuzzy, serta penentuan solusi penyelesaian awal masalah transportasi fuzzy menggunakan fuzzy Russell’s method. Hasil akhir setelah dilakukan uji keoptimalan dengan metode fuzzy stepping stone, menunjukkan bahwa solusi penyelesaian awal yang dihasilkan oleh fuzzy Russell’s method sekaligus juga merupakan solusi penyelesaian akhir yang optimal. Oleh karena itu, proses penentuan solusi penyelesaian akhir yang optimal pada masalah transportasi fuzzy menggunakan fuzzy Russell’s method dilakukan dengan dua tahapan, yaitu tahapan penentuan solusi penyelesaian awal dan tahapan uji keoptimalan terhadap solusi penyelesaian awal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Wakhid Mustofa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bilangan Fuzzy, Masalah Transportasi Fuzzy, Fuzzy Russell’s Method Fuzzy Stepping Stone
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 11:18
Last Modified: 30 Oct 2017 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27971

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum