PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (FLIPBOOK) IPA TIPE INTEGRATED UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs DENGAN TEMA KALOR DALAM KEHIDUPAN

Elis Siti Solihat, NIM.10690053 (2017) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (FLIPBOOK) IPA TIPE INTEGRATED UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs DENGAN TEMA KALOR DALAM KEHIDUPAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (FLIPBOOK) IPA TIPE INTEGRATED UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs DENGAN TEMA KALOR DALAM KEHIDUPAN)
10690053_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (FLIPBOOK) IPA TIPE INTEGRATED UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs DENGAN TEMA KALOR DALAM KEHIDUPAN)
10690053_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs, (2) mengetahui penilaian kualitas modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs, (3) mengetahui respon siswa dan keterlaksanaan modul elektronik (flipbook) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Metode penelitian ini adalah Research and development (R&D), dengan mengacu pada model prosedural. Prosedur penelitian pengembangan ini berdasarkan model 4-D, yaitu (1) Define (2) Design (3) Develop (4) Desseminate. Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap Develop pada langkah uji coba lapangan. Instrumen penelitian berupa lembar validasi, lembar penilaian, lembar respon siswa dan lembar keterlaksanaan modul. Penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert dengan 4 skala yang dibuat dalam bentuk cheklist. Respon siswa terhadap modul menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk cheklist. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) modul elektronik (flipbbok) IPA tipe Integrated untuk siswa kelas VII SMP/MTs dengan tema kalor dalam kehidupan, dikembangkan dengan menganalisis kebutuhan siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dan materi yang disusun berdasarkan pada kurikulum 2013. Selanjutnya, menyusun draft produk awal menggunakan software corelDraw dan 3D pageflip professional. Modul yang dihasilkan berupa flipbook dengan format .exe dan .3dp yang dikemas dalam Compact Disk (CD), (2) kualitas modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata skor sebesar 3,09 dengan kriteria modul baik (B), sedangkan penilaian berdasarkan ahli materi dan guru IPA mendapatkan rata-rata skor masing-masing 3,38 dan 3,68 dengan kriteria modul sangat baik (SB), (3) respon siswa terhadap modul pada uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 0,88 dan 0,83. Hasil dari deskripsi observer dalam keterlaksanaan modul, menunjukkan bahwa modul secara keseluruhan dapat dilaksanakan dalam pembelajaran di sekolah, tetapi modul belum teruji dalam pembelajaran secara mandiri di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Untoro, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Modul elektronik (flipbook), IPA tipe Integrated, kalor dalam kehidupan, dan siswa SMP/MTs.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Oct 2017 14:26
Last Modified: 30 Oct 2017 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27998

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum