HUBUNGAN MENONTON FILM TALAK 3 DAN SIKAP TERHADAP PERCERAIAN PADA MASYARAKAT DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL

Virghiananda Kirana, NIM. 13210073 (2017) HUBUNGAN MENONTON FILM TALAK 3 DAN SIKAP TERHADAP PERCERAIAN PADA MASYARAKAT DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MENONTON FILM TALAK 3 DAN SIKAP TERHADAP PERCERAIAN PADA MASYARAKAT DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL)
13210073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MENONTON FILM TALAK 3 DAN SIKAP TERHADAP PERCERAIAN PADA MASYARAKAT DI DESA BANGUNTAPAN KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL)
13210073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Film telah menjadi media komunikasi audio visual yang akrab dinikmati oleh segenap masyarakat dari berbagai rentang usia dan latar belakang sosial. Melalui pesan yang terkandung di dalamnya, film mampu memberi pengaruh bahkan mengubah sikap dan karakter penontonnya. Umumnya masyarakat cenderung menonton film atau drama yang kemudian menginspirasi tayangan tersebut untuk kehidupannya. Film bertema perceraian seperti film Talak 3 dapat mempengaruhi sikap atau perilaku masyarakat dalam menghadapi perceraian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan menonton film Talak 3 dengan sikap terhadap perceraian pada masyarakat di desa Banguntapan kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus Organisme Respon (S-O-R). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Jumlah sampel 31 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis non parametrik dengan menggunakan rumus chi kuadrat atau chi square dan juga koefisien kontingensi dengan perhitungan secara manual. Hubungan menonton film Talak 3 dengan sikap terhadap perceraian paling banyak masuk dalam kategori tingkat menonton sedang dan sikap terhadap perceraian juga tergolong sedang yaitu terdapat 16 responden dari 31 responden dari hasil pengolahan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh chi kuadrat sebesar 12,93 dengan dk=4, dan tingkat probabilitas yang dipilih adalah 0,05. Pada tabel distribusi chi kuadrat hasilnya 9,488. 12,93 > 9,488 maka hubungannya signifikan. Dengan demikian maka terdapat hubungan yang signifikan antara menonton film Talak 3 dengan sikap terhadap Perceraian pada masyarakat di desa Banguntapan kecamatan Banguntapan kabupaten Bantul. Berdasarkan perhitungan koefisien kontingensi didapat hasil sebesar 0,543 maka hubungan antara dua variabel cukup erat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Menonton film, sikap terhadap perceraian
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:38
Last Modified: 30 Oct 2017 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28014

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum