POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DISKUSI KITAB DI MADRASAH SALAFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA

Muh. Aniq Muthohhar, NIM. 13210117 (2017) POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DISKUSI KITAB DI MADRASAH SALAFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DISKUSI KITAB DI MADRASAH SALAFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
13210117_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM PENGEMBANGAN DISKUSI KITAB DI MADRASAH SALAFIYYAH II PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA)
13210117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Muh. Aniq Muthohhar, 13210117. Skripsi berjudul: Pola Jaringan Komunikasi dalam Pengembangan Diskusi Kitab di Madrasah Salafiyyah II Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pola-pola komunikasi khusus yang ada di Madrasah Salafiyyah II dalam mengadopsi pengembangan diskusi kitab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jaringan komunikasi dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan studi dokumentasi. Untuk menggambarkan pola komunikasi anggota kelompok diskusi kitab di Madrasah Salafiyyah II dibentuk teknik sosiometri Setelah dilakukan analisis jaringan komunikasi, diperoleh kesimpulan bahwa pola jaringan komunikasi yang terbentuk adalah pola jaringan memusat dengan struktur roda. Terdapat satu klik yang terbagi dalam 4 subklik. Dalam pencarian informasi dan pilihan partner komunikasi, sebagian besar responden memilih individu #11 yang berperan sebagai star, opinion leader, dan gate keeper dalam jaringan komunikasi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tingkat keterhubungan sistem yang tinggi disertai rendahnya tingkat keterbukaan sistem, berimplikasi pada tidak mudahnya anggota klik dalam jaringan komunikasi dalam menerima informasi baru dari luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Rozak, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pola jaringan komunikasi, peranan dalam jaringan komunikasi, pengembangan diskusi kitab.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Oct 2017 16:06
Last Modified: 30 Oct 2017 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum