EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA

MOH MASYKUR HABIBI, NIM. 12690038 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
12690038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL MULTISENSORI PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)
12690038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

INTISARI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Multisensori dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta pada materi Hukum Gravitasi Newton. Penelitian ini merupakan pra eksperimen dengan bentuk One-Group Pretest- Posttest Design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model pembelajaran Multisensori dan variabel terikat yang berupa hasil belajar kognitif fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas XI Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 1 sebagai kelas eksperimen. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar yang terdiri atas pretest dan posttest. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik deskriptif dan formula N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Multisensori efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar fisika yang signifikan pada kelas dengan model pembelajaran Multisensori . Perbedaan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik dapat dilihat dengan kategori nilai N-Gain. Kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Multisensori mempunyai nilai N-Gain rata- rata sebesar 0,71 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Murtono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Model Multisensori, hasil belajar, Hukum Gravitasi Newton
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:22
Last Modified: 31 Oct 2017 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28026

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum