PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA MAN PURWOREJO

ULINATUN NADHIFAH, NIM. 13410189 (2017) PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA MAN PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA MAN PURWOREJO)
13410189_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LABORATORIUM AGAMA DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN FIQIH KELAS XI MIA MAN PURWOREJO)
13410189_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ULINATUN NADHIFAH. Pemanfaatan Laboratorium Agama Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Fiqih Kelas XI MIA MAN Purworejo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah mutu pembelajaran Fiqih masih rendah yang dibuktikan dengan masih banyak siswa yang kurang aktif dan antusias dalam menerima pelajaran. Adanya keinginan siswa untuk belajar dengan situasi yang berbeda dengan di kelas. Hal ini yang menyebabkan guru Fiqih menggunakan sarana pembelajaran berupa laboratorium agama.Yang menjadi permasalahan penilitian ini adalah bagaimana pemanfaatan laboratorium agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih dan bagaimana dampak pemanfaatan laboratorium agama terhadap peningkatan mutu pembelajaran Fiqih. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pemanfaatan laboratorium agama dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih kelas XI MIA MAN Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Purworejo kelas XI MIA dengan sumber data siswa kelas XI MIA, Guru Fiqih, dan Kepala Laboratorium Agama. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, pengamatan, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan melakukan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan: (1) Guru Fiqih sebagai salah satu guru rumpun PAI telah memanfaatkan laboratorium agama sebagai sarana kegiatan belajar mengajar. Misalnya, dilakukan praktik perawatan sholat jenazah, praktik manasik haji, praktik sholat, praktik hafalan, praktik pernikahan, dan pembelajaran mawaris dengan menggunakan tabil waris Islami ilmu faraid. Dengan adanya pembelajaran Fiqih di laboratorium agama menjadikan mutu pembelajaran meningkat karena siswa dapat memahami dan mempraktikkan teoriteori yang telah diajarkan dengan benar. (2) Adanya dampak dari pemanfaatan laboratorium agama terhadap peningkatan mutu pembelajaran Fiqih, diantaranya perilaku pembelajaran guru (teacher behavior),perilaku dan dampak belajar siswa (student behavior), iklim pembelajaran (learning climate), materi pembelajaran, dan media pembelajaran yang tidak terlepas dari peranan pemanfaatan laboratorium agama tersebut. Dengan adanya indikator peningkatan mutu pembelajaran Fiqih tersebut menunjukkan bahwa siswa menyadari akan tujuan mempelajari Fiqih sebagai salah satu Rumpun Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci : Pemanfaatan Laboratorium Agama, Mutu Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Laboratorium Agama, Mutu Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Nov 2017 11:15
Last Modified: 20 Nov 2017 11:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum