PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR

AZIZATUZZAHRO’, NIM. 13690025 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR)
13690025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA SAINS WAHID HASYIM PADA MATERI SUHU DAN KALOR)
13690025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi literasi sains dan mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi literasi sains siswa dengan kelas kontrol terbatas pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran generatif dan variabel terikatnya adalah kompetensi literasi sains siswa. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah di kota sleman melalui teknik sampling jenuh dengan kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan X 2 sebagai kelas kontrol. Intrumen pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi sains siswa. Analisa data menggunakan statistik deskriptif dengan ukuran tendensi sentral dan ukuran dispersi disertai Normalized Gain dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi literasi sains siswa pada materi suhu dan kalor dengan rata-rata 38,00 sebelum diberi perlakuan dan 79,2 setelah diberi perlakuan. Terdapat pula peningkatan kompetensi literasi sains pada kategori peningkatan sedang ditunjukkan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,66 dan untuk kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) juga mengalami peningkatan dengan nilai N-Gain sebesar 0,48 atau masuk dalam kategori sedang. Peningkatan kelas eksperimen memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan kelas kontrol ditunjukkan oleh nilai effect size sebesar 1,028.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model generatif, literasi sains, suhu dan kalor
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 08:40
Last Modified: 31 Oct 2017 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum