EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS

AAN ANDRIANI, NIM. 13600013 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (28MB)
[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS)
13600013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC 7E) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E) dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non- equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E), sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan spasial dan self awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitiannya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B dan kelas VIII C. Kedua kelas tersebut berjumlah 64 siswa. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelas VIII C dijadikan kelas eksperimen yang diberikan treatment dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan spasial dan skala sikap self awareness. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan teknik uji t dua sampel independen untuk mengetahui apakah model pembelajaran Learning Cycle 7E efektif terhadap kemampuan spasial dan self awareness. Analisis data dilakukan dengan bantuan Software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan spasial siswa. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajarn konvensional terhadap self awareness siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E), Kemampuan Spasial, Self Awareness
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 31 Oct 2017 10:44
Last Modified: 31 Oct 2017 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum