KEMUNCULAN DAN AKTIVITAS GENG PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMA Bopkri 2 Yogyakarta)

Fajar Gandhi Subarkah, NIM. 1320412250 (2017) KEMUNCULAN DAN AKTIVITAS GENG PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMA Bopkri 2 Yogyakarta). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMUNCULAN DAN AKTIVITAS GENG PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMA Bopkri 2 Yogyakarta))
1320412250_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEMUNCULAN DAN AKTIVITAS GENG PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS DI YOGYAKARTA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMA Bopkri 2 Yogyakarta))
1320412250_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Fajar Gandhi Subarkah, Kemunculan dan Aktivitas Geng Pelajar Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta (Studi Kasus di SMA N 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dan SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini berawal dari kegelisahan yang muncul akibat maraknya aktivitas geng pelajar yang meresahkan masyarakat Yogyakarta. Permasalahan tersebut mendorong peneliti untuk mengungkap alasan dibalik kemunculan geng pelajar dan aktivitasnya. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemunculan geng pelajar dengan analisa psikologis dan sosial. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan apasaja aktivitas geng pelajar di Yogyakarta dengan mengambil tiga objek sebagai studi kasusnya yaitu SMA N 1 Depok, SMA Muhammadiyah 7 dan SMA BOPKRI 2. Karena itu, penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis, yaitu penelitian yang menganalisa secara kritis kemunculan dan aktivitas geng pelajar di Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (a) kemunculan geng pelajar di Yogyakarta disebabkan oleh faktor psikologis dan sosial. Secara psikologis, geng pelajar menyediakan kebutuhan bagi anggotanya berupa penghargaan, pengakuan, dan aktualisasi diri. Sedangkan secara sosial, kemunculan geng pelajar dikarenakan ada pengklasifikasian kelompok sosial berupa in-group dan out- group; (b) aktivitas geng pelajar didominasi oleh kegiatan kegiatan negatif seperti tawuran dan kumpul rutin. Tawuran menjadi aktivitas favorit dengan berbagai macam bentuknya seperti konvoi, janjian, ngetem dan gembyeng. Kumpul rutin yang dilakukan oleh geng pelajar menjadi negatif karena minuman keras menjadi indentik saat ada kumpul rutin. Meskipun demikian, geng pelajar juga memiliki kegiatan positif berupa bakti sosial kepada masyarakat seperti membantu anak yatim dan donor darah; (c) Upaya yang dilakukan oleh sekolah bersifat preventif yaitu mengawasi dan memberi pendampingan secara intensif kepada siswa- siswanya agar tidak terlibat dalam kegiatan geng pelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Geng Pelajar, Kenakalan Remaja, SMA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:36
Last Modified: 02 Nov 2017 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28056

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum