PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE

NINDEA DWI SYAFITRI, NIM. 13600039 (2017) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF CONFIDENCE)
13600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran mana yang lebih berpengaruh antara penerapan pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa; (2) Model pembelajaran mana yang lebih berpengaruh antara pembelajaran konvensional, pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), dan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap self confidence siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran Pendekatan PBL dan TTW serta variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika dan self confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017, sedangkan sampel penelitiannya adalah Kelas VIII E, F, dan G. Instrumen penelitian berupa pretest-postest dan prescale-postscale sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP. Teknik analisis data tes menggunakan statistika non parametrik yaitu uji Kruskall-Wallis yang dilanjutkan dengan uji perbandingan berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) pembelajaran dengan pendekatan PBL dengan TTW memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Pembelajaran dengan pendekatan PBL memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional; (2) pembelajaran PBL dengan TTW memberikan pengaruh paling baik terhadap peningkatan self confidence. Pembelajaran PBL memberikan pengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap peningkatan self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kunci: Pengaruh, PBL, TTW, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Confidence
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:26
Last Modified: 01 Nov 2017 08:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum