PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BALOK DAN KUBUS

AIZZA ZAKKIYATUL FATHIN, NIM. 13600040 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BALOK DAN KUBUS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BALOK DAN KUBUS)
13600040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII PADA MATERI BALOK DAN KUBUS)
13600040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VIII pada materi balok dan kubus. Penelitian ini merupakan peneltian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah prosedur pengembangan menurut Depdiknas yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil, dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah tahun ajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar penilaian LKS, lembar soal post-test, dan lembar skala respon siswa terhadap LKS. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukan LKS matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi balok dan kubus telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi valid, efektif, dan praktis. Valid berdasarkan penilaian ahli yang menunjukan bahwa LKS yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,35%. Efektif berdasarkan hasil post-test, LKS matematika dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi balok dan kubus. Hal ini dilihat 72,41% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada kompetensi dasar balok dan kubus. Praktis berdasarkan respon siswa terhadap LKS matematika berbasis penemuan terbimbing diperoleh respon yang positif dengan persentase 77,25%. Jadi, LKS matematika berbasis penemuan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa layak digunakan dalam pembelajaran kelas VIII pada materi balok dan kubus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), Penemuan Terbimbing, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Nov 2017 08:36
Last Modified: 01 Nov 2017 08:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum