APLIKASI WORDS AWARENESS DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTs N 6 Sleman)

SUWARDI, NIM: 1320412255 (2017) APLIKASI WORDS AWARENESS DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTs N 6 Sleman). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI WORDS AWARENESS DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTs N 6 Sleman))
1320412255_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI WORDS AWARENESS DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB (Studi Eksperimen di MTs N 6 Sleman))
1320412255_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Suwardi, NIM. 1320412255. Aplikasi Words Awareness Dalam Membaca Teks Arab (Studi Eksperimen di MTs N 6 Sleman), Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian ini didasarkan pada temuan peneliti mengenai kekurangan siswa dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab. Mengingat penguasaan kosa kata merupakan unsur penting dalam kemahiran berbahasa, khususnya dalam membaca dan memahami teks bahasa Arab, maka peneliti perlu mencari solusi atas permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa dalam membaca dan memahai teks bahasa Arab, baik sebelum dan sesudah diterapkan aplikasi words awareness, serta untuk mengetahui hasil pencapaian siswa dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab setelah diterapkannya strategi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah berupa tes (pre-test dan post-test) dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 6 Sleman Tahun Pelajaran 2016/2017, dengan sampel terdiri dari 64 siswa, 32 siswa di kelas kontrol (VIII D) dan 32 siswa di kelas eksperimen (VIII E). Aplikasi word awareness yang diterapkan di kelas eksperimen (VIII E) MTs N 6 Sleman dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks bahasa Arab. Hal ini terbukti dari hasil Pre-test dan Post-test di kelas tersebut ada kenaikan yang signifikan. Pada tabel statistik kelas eksperimen terlihat rata-rata sebelum menggunakan strategi word awareness adalah 52.81 dan setelah menggunakan strategi tersebut, rata-ratanya menjadi 78.75, artinya rata-rata setelah eksperimen lebih tinggi dibandingkan sebelum eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Words Awareness, Membaca, dan Teks
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:52
Last Modified: 02 Nov 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum