PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK KELAS I, II, DAN III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH AL KAUTSAR GUMPANG KARTASURA

Muhammad Syafii, NIM. 1320411110 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK KELAS I, II, DAN III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH AL KAUTSAR GUMPANG KARTASURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK KELAS I, II, DAN III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH AL KAUTSAR GUMPANG KARTASURA)
1320411110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA ARAB UNTUK KELAS I, II, DAN III SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH AL KAUTSAR GUMPANG KARTASURA)
1320411110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Muhammad Syafii: Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017. Bahan Ajar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena bahan ajar merupakan komponen yang sangat menentukan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya bahan ajar yang cocok digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu bahan ajar bahasa Arab yang dapat digunakan pada sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach & Development/R&D) dengan tahapan yang terdiri dari: potensi dan masalah, mengumpulkan informasi/data, desain produk, validasi desain, revisi desain 1, uji coba produk, revisi desain 2, uji coba pemakaian, revisi produk, produksi massal. Proses validasi dilakukan dua ahli desain dan dua ahli materi. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh dari angket untuk ahli desain dan ahli materi serta hasil tes siswa terhadap produk bahan ajar yang dikembangkan pada aspek desain dan aspek materi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh yakni nilai validitas bahan ajar oleh ahli desain dan ahli materi yang meliputi validitas skor penilaian dari ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 3,37 dengan kategori “baik” dan aspek penyajian menghasilkan skor rata-rata 3,8 dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan penilaian ahli materi untuk aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 3,7 dengan kategori “sangat baik” dan aspek isi/materi menghasilkan skor rata-rata 3,85 dengan kategori “sangat baik”. Adapun hasil ujicoba mengenai keefektifan bahan ajar ditunjukkan dengan adanya hasil yang positif yaitu dengan hasil kelas 1A 72,41% telah lulus dengan rata-rata 77,14 melebihi KKMyang telah ditentukan yaitu 70. Kelas 2A 93,33% telah lulus dengan rata-rata 89,43 melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dan untuk kelas 3C 96,87% telah lulus dengan rata-rata 93,18 melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 70, dan produk ini dianggap layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, SDIT Muhammadiyah Al-Kautsar Gumpang, Pendidikan Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:38
Last Modified: 01 Nov 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28084

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum