PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X, XI, XII MAN GONDANGREJO

Muhamad Fakhrur Rozi, NIM. 1320411135 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X, XI, XII MAN GONDANGREJO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X, XI, XII MAN GONDANGREJO)
1320411135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BAHASA ARAB BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X, XI, XII MAN GONDANGREJO)
1320411135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Muhamad Fakhrur Rozi, Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks)Bahasa Arab Berbasis Android Untuk Kelas X,Xi Dn Xii MAN 1 Gondangrejo, Tesis, Program Pasca sarjana Uin Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2017 Penelitian ini berangkat dari beberapa permasalahan yang ditemukan terkait tentang penggunaan LKS bahasa Arab yang sering dipakai untuk pembelajaran siswa MAN 1 Gondangrejo. Permasalahan yang ditemui antara lain kejenuhan siswa dalam belajar menggunakan LKS bahasa Arab, kurang minat dan motivasi siswa belajar menggunakan LKS bahasa Arab terkait terkait materi, tampilan dan penyajian materi LKS yang kurang menarik, tampilan LKS bahasa Arab yang terlalu sederhana,dicetak dengan kertas buram dan pembelajaran yang kurang interaktif karena jarang menggunakan media interaktif, hal inilah yang menjadi latar belakang penulisan tesis ini. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memproses LKS bahasa Arab yang di nilai kurang menarik,menjenuhkan dan kurang interaktif untuk dikonversi kedalam bentuk aplikasi android sebagai media pembelajaran interaktif yang akan diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 1 Gondangrejo, menilai kelayakan media tersebut apakah media layak digunakan untuk pembelajaran bahasa Arab, mengetahui dampak dari pengguanaan media pembelajaran tersebut terhadap prestasi belajar dan motivasi siswa dan untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan bahan ajar bahasa Arab yang memanfaatkan tekhnologi dalam pengembangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa : Pertama, pengembangan LKS bahasa Arab berbasis android untuk kelas X, XI dan XII melalui beberapa tahapan yaitu tahap pertama deskripsi analisis kebutuhan yang meliputi perencanaan, desain, pengembangan, tahap kedua validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, tahap ketiga revisi produk, tahap keempat uji coba produk dan terakhir revisi penyempurnaan produk agar siap digunakan. Kedua hasil validasi ahli materi dan media menyatakan produk dalam kategori baik dengan rata-rata 86% dan untuk quiz ahli materi dan ahli media menilai produk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 93% sehingga produk dikatakan baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Ketiga respon siswa X MAN 1 Gondangrejo untuk Lks bahasa arab bebrbasis androi mendapatkan nilai rata-rata 4,14 dengan kategori baik, respon siswa kelas XI mendapatkan nilai rata-rata 3,84 dengan kategori baik, respon siswa XII mendapatkan nilai rata-rata 4,20 dengan kategori baik dan respon guru mendapatkan nilai rata-rata 4,5 dalam kategori sangat baik keempat hasil uji statistik tentang dampak penggunaan LKS bahasa Arab menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS bahasa Arab berbasis android dan dinilai lebih efektif dibandingkan menggunakan LKS bahasa Arab konvensional serta dapat meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam mengunakan LKS bahasa Arab untuk pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan LKS Bahasa Arab, Android
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 13:44
Last Modified: 01 Nov 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum